Kuwu Ade Nanto, Petani Muda Punya Ambisi Membangun Desa

Umum

Lensapendidikan.com – Indramayu

Ade Nanto, sosok pemuda yang satu ini penampilannya biasa saja, sama seperti pemuda kebanyakan di desa.

Namun di usianya yang ke 37, Ade Nanto justru menjadi pembalik keadaan dan mengubah keniscayaan.

Keadaan berbalik saat seorang pemuda petani bernama Ade Nanto terpilih menjadi Kuwu (Kepala Desa) Sudimampir Lor Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu.

Dan keniscayaan berubah ketika Ade Nanto mampu bersaing dengan tiga calon kuwu lainnya dalam pemilihan 2 Juni 2021 lalu.

Tepat pada Senin, 16 Agustus 2021, Ade Nanto resmi berseragam putih. Bersama 170 orang lain se Kabupaten Indramayu, Ade Nanto dilantik oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, menjadi Kuwu Sudimampir Lor.

Terpilihnya Ade Nanto sebagai kuwu tentu bukan ujug-ujug, pasti ada proses. Ia telah melakukan investasi sosial dan investasi publik sehingga mampu menyingkirkan tiga pesaingnya.

Bapak dari dua anak ini, Senin, 23 Agustus 2021, menerima jabatan definitif dari pejabat kuwu sementara, Kusnadi. Serah terima jabatan disaksikan Fokopimcam setempat.

Para tokoh desa setempat seperti Ketua BPD, Edi Sahara dan Ketua MUI setempat, Ustad Masuri, ikut menyaksikan Ade Nanto masuk kantor untuk pertama kalinya sebagai Kuwu Sudimampir Lor.

“Semoga amanat ini (sebagai kuwu) dilaksanakan dengan baik. Saya juga berharap masyarakat Desa Sudimampir Lor, bersama kuwu membangun desa,” ungkap Camat Balongan, Udi Mashudi.

Sebagai kuwu terpilih, Ade Nanto, menyatakan dirinya tidak akan mengumbar janji dan program terlalu berlebihan.

Baginya, amanat yang telah mengubah dirinya dari pemuda petani menjadi pemimpin di desa berpenduduk sekitar 5.700 jiwa ini, adalah sebuah tanggung jawab yang harus ia jalankan dengan baik.

Untuk itu ia meminta dukungan seluruh warga, baik yang mendukung atau tidak mendukung saat pemilihan kuwu digelar.

“Pemilihan sudah selesai, saya adalah kuwu untuk seluruh masyarakat. Hilangkan perbedaan, mari membangun agar Sudimampir Lor bisa bersaing dengan desa lain di Kabupaten Indramayu,” tukas dia.(Alan Wr)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.