472 Sekolah Mengikuti Lomba Karya Tulis AHM

Umum Uncategorized

lensapendidikan.com -Jakarta, 

Sebanyak 569 siswa dari 472 sekolah di seluruh wilayah Indonesia mengikuti lomba karya tulis yang digelar oleh PT Astra Honda Motor (AHM).  Pada acara penganugerahan pemenang AHM Best Student (AHMBS) 2021 yang diselenggarakan secara daring tersebut, terpilih 20 peserta unggulan dari tiap kategori untuk memperebutkan 12 peserta terbaik.

Peserta terbaik ini, mendapatkan penghargaan tingkat gold, silver, dan bronze, serta empat peserta mendapatkan apresiasi khusus karena memiliki ide dengan potensi yang berdampak bagi masyarakat.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengapresiasi langkah AHM sebagai mitra industri yang turut berperan dalam membina, dan melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang kompeten dan mampu berdaya saing secara global.

“Terima kasih dan salam satu hati. Kami juga turut menyampaikan salam hangat dari Mas Menteri Nadiem Anwar Makarim, salam merdeka belajar. Merdeka belajar artinya memerdekakan setiap siswa untuk menjadi apapun sesuai dengan minat dan cita-citanya, itulah makna merdeka belajar. Belajar itu harus menyenangkan,” tutur Wikan, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Pada acara penganugerahan yang diselenggarakan Sabtu (21/3) tersebut, Wikan menyebutkan, melalui AHMBS 2021, Pusat Prestasi Nasional akan membuat bank data yang merupakan catatan-catatan finalis untuk dibina, ditelusuri, disalurkan sesuai dengan passion masing-masing. Selain itu, disampaikan pula agar peserta dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi sesuai dengan minat yang dimiliki.

“Kalau memilih tempat kuliah, pilihlah sesuai minat dan jangan ikut-ikutan. Bahagia adalah mencintai apa yang kalian lakukan dan lakukan apa yang kalian cintai. Kalian talenta-talenta terbaik yang sudah disortir AHM ini bisa kuliah sesuai minat,” terangnya.

Mengenai SDM unggul, Wikan menegaskan bahwa SDM yang unggul dan kompeten terlahir tidak hanya mengenai kemampuan kognitif. Akan tetapi, kompetensi itu gabungan hardskill dan softskill serta karakter.

AHMBS merupakan perlombaan gagasan atau ide yang disampaikan melalui karya tulis bagi peserta didik tingkat SLTA/sederajat. Perlombaan ini rutin digelar setiap tahunnya oleh PT Astra Honda Motor untuk menemukan talenta terbaik dengan berbagai kompetensi yang dapat melahirkan sebuah karya dan menjadi problem solver bagi permasalahan yang ada.

AHMBS 2021 yang bertajuk Satu Hati Meraih Prestasi ini mengadu ide dan gagasan siswa dan terbagi menjadi empat kategori, yaitu: pendidikan dan kebudayaan, kepedulian lingkungan/kesehatan, pemberdayaan ekonomi/UMKM, serta inovasi dan teknologi. Penjurian AHMBS 2021 dilakukan secara berjenjang dari tahap regional pada bulan April hingga Juni hingga ke tahap nasional pada bulan Juli hingga Agustus.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Direktorat SMK Kemendikbudristek turut terlibat dalam proses penjurian tingkat nasional. Di samping itu, PPM School of Management juga mewakili kalangan akademisi dan praktisi yang ada di grup AHM dalam proses penjurian. Karya terbaik AHM Best Student 2021 mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp63 juta.

Beberapa peserta didik SMK yang berhasil meraih penghargaan pada AHMBS 2021 di antaranya diraih adalah Muhammad Tegar Aditiyah dari SMK Semen Gresik untuk kategori Special Appreciation, Chintia Feronika Rilsi dari SMK Agro Maritim Muhammadiyah Bengkulu untuk kategori Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan, serta Sabna Nurul Hasanah dari SMK Telkom Bandung, dan Ni Wayan Deasy Sastra Astiti dari SMKN Bali Mandara untuk kategori Inovasi dan Teknologi.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda tingkat SMA/sederajat yang mengikuti AHM Best Student berhasil membuktikan di masa pandemi dapat terus berkontribusi aktif bagi masyarakat melalui berbagai ide atau gagasan berdasarkan kondisi dan kebutuhan masyarakat terkini. Kondisi yang penuh tantangan tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berinovasi dan memberikan ide yang bermanfaat.

“Berbagai ide kreativitas yang dapat dikembangkan dan berdampak positif bagi masyarakat luas. Kami berharap mereka dapat terus konsisten menghasilkan karya inspiratif dan menjadi bagian dari sumber daya manusia unggul yang dapat bersinergi membangun negeri,” ujar Ahmad.Red

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.