Garuda Indonesia Tawarkan Kerja Sama Ekspor Komoditas Kepri

Breaking News

lensapendidikan.com – tanjungpinang

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan tawaran kerja sama dari maskapai Garuda Indonesia untuk mengekspor komoditas unggulan daerah menggunakan kargo langsung dari Kepulauan Riau ke negara tujuan.

Hal ini disampaikan Gubernur Kepri Ansar usai menerima audiensi perwakilan Garuda Indonesia di ruang kerjanya lantai 4 Kantor Gubernur di Dompak, Tanjungpinang, Senin (6/12/2021).

“Pihak Garuda menawarkan kalau untuk ekspor komoditas Kepri bisa langsung menggunakan kargonya Garuda. Itu sekarang sedang kita dalami karena ada beberapa komoditas kita yang potensial yang bisa kita kirim melalui kargo udara,” ungkap Ansar.

Menurut gubernur, dirinya akan berkoordinasi bersama Karantina Pertanian dan Karantina Perikanan yang menangani ekpor dan impornya komoditas yang ada di Kepulauan Riau.

Gubernur juga menjelaskan, beberapa komoditas unggulan daerah Kepri dapat diekspor menggunakan kargo pesawat karena dari segi ukuran tidak terlampau besar.

“Kita punya komoditas ikan basah, ikan kering, Udang, dan sayur-sayuran. Ini kan yang kira-kira jumlah volumenya tidak terlalu besar tetapi nilai ekonomisnya cukup tinggi,” terang gubernur.

Selain itu, gubernur menyampaikan kepada pihak Garuda apa yang dibicarakannya bersama BPS Kepri. Bahwasanya inflasi yang terjadi di Kepri karena adanya penurunan atau berkurangnya penerbangan.

“Salah satu pemicu inflasi laporan dari BPS adalah penerbangan, di mana slot penerbangan di bandara Tanjungpinang hanya 2 kali dalam seminggu,” katanya.

Gubernur juga meminta kepada Bandara RHF, agar penerbangan sore yang sebelumnya terbang sampai ke Pulau Natuna. “Jadi sebagai pemicu inflasi bisa kita tekan kan,” pintanya.

Terakhir, gubernur akan mengeluarkan surat imbauan kepada ASN Pemprov Kepri bila melakukan perjalanan dinas diwajibkan pulang-pergi lewat Tanjungpinang dengan maskapai Garuda.

“Pemprov Kepri harus memberikan dukungan dan fasilitasi, tapi karena keadaan dan masa pandemi Covid-19 ini tidak bisa juga kita paksakan,” tutup Ansar.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Cabang Tanjungpinang Ryan Amirulfiras berharap, kerja sama antara Pemprov Kepri dan Garuda Indonesia ini dapat berjalan. Agar ke depannya dapat meningkatkan kegiatan-kegiatan unggulan Provinsi Kepulauan Riau.

“Selain kita memastikan mengedepankan safety dan juga service, kita juga menginisiasi untuk mendukung pengiriman ekspor, terutama komoditas-komoditas unggulan Kepri. Semoga bisa diekspor lewat udara dan bisa menjadi kontribusi daerah,” 

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.