442 views

Tiba di Lumajang, Presiden Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Breaking News

lensapendidikan.com – lumajang

Setelah menempuh penerbangan selama 30 menit dari Bandar Udara Internasional Juanda, di Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU, Presiden Joko Widodo dan rombongan terbatas tiba di Helipad Stadion Srikandi, Kelurahan Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/11/2021) pukul 09.30 WIB.

Dalam keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diterima InfoPublik, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta.

Presiden diagendakan akan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Usai peninjauan, Presiden akan kembali ke Jakarta pada sore hari.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah memerintahkan segenap jajarannya untuk bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat dalam bencana alam tersebut.

“Saya memerintahkan kepada Kepala BNPB, Basarnas, menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk melakukan langkah tanggap darurat selekas mungkin di lokasi bencana,” ujar Presiden Joko Widodo yang dikutip dari akun resmi media sosial Twitter @jokowi pada Minggu (5/12).

Menurut Presiden, langkah darurat dilakukan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak dari musibah bencana alam tersebut. Dengan begitu, dapat meminimalisir dampak dari musibah yang terjadi beberapa waktu lalu.

Bantuan yang dimaksud adalah memberikan berbagai pelayanan dari mulai pencarian korban hingga penanganan bencana alam yang dilakukan.

“Mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana. Bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” kata Presiden.

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *