Presiden: Jangan Ada Kriminilisasi Kebebasan Berpendapat

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Presiden Joko Widodo memastikan, kebebasan berpendapat melalui ruang digital tetap dijamin oleh pemerintah sesuai dengan perundangan yang berlaku. Mengingat, perkembangan revolusi industri yang membuat dunia maya menjadi salah satu kanal yang dipergunakan dalam menyampaikan berbagai aspirasi oleh masyarakat.

Dengan mengedepankan dua langkah yakni langkah persuasif dan edukatif dalam setiap menangani perkara dalam pasal yang terkandung di Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Jangan ada kriminalisasi terhadap kebebasan berpendapat,” kata Presiden Joko Widodo yang dikutip ketika memberikan sambutan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-73 pada Jumat (10/12/2021).

Bentuk dari tindak lanjut hal di atas, lanjut Presiden, pemerintah telah memberikan amnesti bagi Baiq Nuril dan Saiful Mahdi yang divonis bersalah akibat dijerat dari perundangan ITE. Dan juga menginstruksikan kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini Kepolisian untuk menerapkan dua hal di atas dalam setiap menindak lanjuti perkara yang berkaitan dengan ITE.

“Kapolri sudah menindaklanjuti perintah yang saya instruksikan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan kali itu, Presiden juga mengimbau, agar kebebasan pendapat yang disampaikan melalui ruang digital juga harus dilakukan oleh penggunannya secara bertanggung jawab. Mengingat, sudah ada perundangan yang mengatur tentang batasan-batasan yang harus dilakukan oleh pengguna ruang digital dalam menyampaikan pendapatnya.

Hal ini perlu dilakukan, karena di ruang digital erat kaitannya dengan banyak kepentingan masyarakat penggunanya. Maksudnya, pengguna ruang digital semakin bertambah di tanah air, dengan begitu kondusifitas di dunia maya harus juga senantiasa dijaga ketertibannya.

“Saya ingatkan, bahwa kebebasan berpendapat harus dilakukan secara bertanggung jawab kepada kepentingan-kepentingan masyarakat yang lebih luas,” katanya.(M-GilangNawawi)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.