Gelar Raker Untuk Tingkatkan Etos Kerja dan Profesionalisme Sebagai JURNALIS Yang Handal

Breaking News

Lensa Pendidikan.com – Bogor

Tingkatkan Etos Kerja dan Profesionalisme Jurnalis DPC IPJI Kabupaten Bogor Gelar Raker Dan Family Gathering

Bertempat di Vila Anjung Balak Jl. Hankam No. 45 Desa Leuwimalang Kec. Cisarua Kabupaten Bogor DPC IPJI (Ikatan Jurnalis dan Penulis) Kabupaten Bogor selenggarakan Rapat Kerja sekaligus Family Gathering pada Selasa – Rabu, 14-15 Desember 2021.

Dengan mengambil Tema “Menjalankan Etos Kerja dan Profesionalisme Jurnalis Pasca Pandemi” Raker dihadiri Pengurus dan Anggota DPC IPJI Kabupaten Bogor dengan agenda evaluasi kerja tahun 2021 dan penyusunan Program Kerja ditahun 2022.

Rapat Kerja dibuka dan dipimpin langsung Ketua DPC IPJI Kabupaten Bogor Harun S.T. yang didampingi Sekretaris Karlen Lumban Raja.

Pelaksanaan Raker dibuka langsung oleh Ketua DPC IPJI Kabupaten Bogor, Harun.ST , yang diawali dengan doa bersama serta memberikan sambutan kepada para peserta Raker yang hadir yang diawali pembacaan do’a.

Karlen Lumban Raja selaku Sekretaris DPC IPJI Kabupaten Bogor secara garis besar menyampaikan agenda dan pembahasan kegiatan Raker Tahun 2021 juga Program-program kerja di tahun 2022.

Ia menyebut beberapa poin yang menjadi inti utama dalam Raker ini untuk menjadi bahan pembahasan sebagaimana yang telah didiskusikan pada Selasa malam.

Harun S.T Ketua DPC IPJI Kabupaten Bogor dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Jajaran Pengurus dan Anggota yang hadir dalam kegiatan ini.

“Terimakasih buat rekan-rekan yang sudah meluangkan waktu dalam kegiatan Raker Tahunan ini dalam rangka Evaluasi Kinerja dan kegiatan yang sudah kita lakukan di tahun 2021, walaupun dengan keterbatasan dimana kondisi dan situasi masih dalam masa pandemi yang belum berakhir, dan ada beberapa rekan kita yang tidak dapat hadir dalam kegiatan ini dikarenakan sakit,” ucap Harun mengawali sambutannya.

“Dalam Rapat Kerja ini merupakan laporan kegiatan yang sudah kita laksanakan ditahun 2021 ini sebagai Pertanggung jawaban serta Kinerja dari
program yang telah dilakukan DPC IPJI Kabupaten Bogor yang mana biasa dilakukan di bulan terakhir tiap tahunnya,” jelasnya.

Ia mengatakan Agenda IPJI Kab Bogor Tahun 2022 lebih menitik beratkan kepada Etos Kerja dan Profesionalisme Jurnalis sebagaimana tema yang kita usung yaitu “Menjalankan Etos Kerja dan Profesionalisme Jurnalis Pasca Pandemi” sehingga akan dilakukan pembenahan dijajaran anggota dan pengurus agar kedepan DPC IPJI bisa lebih baik lagi.

“Dasarnya adalah UU 40 Tahun 1999 dan Etika Jurnalis menjadi pegangan dalam setiap menjalan tugas juga profesi sebagai wartawan, serta perannya sebagai pilar negara dalam pemberian informasi juga edukasi kepada masyarakat, oleh karenanya kita akan lakukan pembekalan dan pelatihan jurnalis untuk menambah kapasitas sebagai jurnalis juga pemahaman etika jurnalis yang mengacu kepada Kode Etik Jurnalis,” tegas Harun.

Hal lain yang akan kita lakukan, sambung Harun yaitu melakukan Audensi atau kunjungan ke Bupati Bogor dan beberapa Intansi juga Dinas terkait dalam upaya pengenalan jajaran pengurus (Struktur Organisasi) DPC IPJI Kabupaten Bogor dengan tujuan mengambil peran dalam mendukung Program Pemerintah Daerah sekaligus sebagai sosial kontrol dalam kapasitas sebagai penyampaian informasi dan edukasi kepada masyarakat sesuai tupoksi yang sudah diatur dan sesuai aturan juga undang- undang, serta beberapa program lain yang akan kita laksanakan di tahun 2022.

Sisi lain Humas DPC IPJI Kabupaten Bogor, TM.P.Limbong, menyampaikan bahwa kegiatan Raker yang dilaksanakan adalah bagian evaluasi kinerja yang sudah dilakukan selama tahun 2021 serta menyatukan kembali semangat juga motivasi di jajaran pengurus dan anggota, karena kita tahu hampir 2 tahun Pandemi Covid 19 menjadi fokus perhatian serta kurang intensnya pertemuan dengan rekan rekan pengurus, sehingga diharap setelah Raker ini dapat berkolaborasi juga bekerja sama dan menjadi sebuah tim yang punya keinginan sama dalam mengembangkan potensi rekan-rekan yang tergabung diwadah ini dengan saling mengisi tanpa melihat kekurangan tapi berusaha menjadi orang yang cerdas dalam profesi ini, sehingga apa yang diharapkan dalam Raker saat ini dapat terimplementasi di tahun 2022,” urai Limbong.

Program Kerja yang akan dilakukan pada tahun 2022, akan kita susun di awal tahun berdasarkan masukan yang sudah dikemukakan oleh jajaran pengurus dari tiap bidang saat Raker berlangsung.

Raker kali ini sekaligus dilaksanakan Family Gathering sebagai bentuk ajang silaturahmi serta refreshing untuk saling mengenal di keluarga besar DPC IPJI Kabupaten ” Tutup Harun ST.

W2N/IPJI

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.