Presidensi G20, Arena Indonesia Memperjuangkan Kepentingan Negara Berkembang dan Rentan

Breaking News Pemerintahan

lensapendidikan.com – jakarta

Presidensi G20 Indonesia diyakini akan menjadi arena perjuangan Indonesia memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang, sehingga secara global negara-negara yang memiliki pengaruh besar pada perekonomian dunia, bisa memandang sama hak-hak negara berkembang dan rentan.

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia juga diharapkan dapat memperkokoh kembali kepemimpinan Indonesia di mata dunia. Seperti yang terjadi ketika Presiden Pertama Indonesia Soekarno atau dikenal dengan Bung Karno yang melakukan serangkaian upaya-upaya diplomasi yang membuat tanah air dikenal luas oleh negara-negara lain di berbagai belahan benua.

“Kita akan mengulang dan memperkokoh kepemimpinan Indonesia yang dulu pernah dilakukan oleh Presiden pertama kita, Bung Karno,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang ditayangkan secara virtual pada Senin (10/1/2022).

Dalam rangka mendukung hal di atas, Indonesia akan memperjuangkan kepentingan negara berkembang lainnnya, agar mendapatkan dampak positif dari sidang-sidang pertemuan yang akan digelar dalam satu tahun ke depan. Mengingat, perkumpulan negara-negara berpengaruh ini, mempunyai dampak yang sangat besar dalam perekonomian global maupun sektor-sektor lainnya.

Arti dari perjuangan ini sangat besar, sebab Indonesia saat ini masuk dalam negara berkembang yang memerlukan serangkaian kebijakan yang membawa dampak positif bagi setiap kehidupan masyarakat di berbagai sektor. Dengan begitu, berbagai sektor di tanah air dapat berpeluang besar menjadi berkembang melalui setiap kesepakatan yang digelar melalui kegiatan sidang pertemuan G20.

“Yang ini akan kita manfaatkan untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia dan juga kepentingan negara-negara berkembang,” kata Presiden.

Perjuangan ini, lanjut Presiden Jokowi, sangat dibutuhkan untuk digaungkan dalam ajang internasional yang digelar satu tahun sekali ini. Karena, diperlukan kerja sama antarnegara dalam menghadapi berbagai tantangan yang timbul seiring dengan berjalannya waktu. Adanya hal ini, akan membuat setiap tantangan yang menghampiri dapat diselesaikan dengan waktu relatif cepat.

Ke depan, ada tantangan yang akan efektif ditangani bersama yakni membangun tata kelola kesehatan global dan tata kelola ekonomi dunia yang lebih adil. Dengan begitu, akan memperkokoh eksistensi setiap negara dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul seiring dengan perkembangan zaman saat ini.

“Indonesia akan terus berjuang untuk membangun tata kelola kesehatan, tata kelola ekonomi dunia yang lebih adil, yang lebih kokoh dalam menghadapi ketidakpastian dan kompleksitas masalah yang semakin banyak di dunia,” pungkas Presiden.

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.