225 views

TKW Asal Indramayu di Hongkong Dihukum 20 Tahun Penjara, Terjerat Kasus Narkoba

Umum

lensapendidikan.com – Indramayu

Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu dihukum penjara selama 20 tahun di Hongkong.

Vonis pengadilan setempat terhadap TKW tersebut atas sangkaan terlibat jaringan narkoba internasional.

TKW malang berinisial YM (33 tahun) itu mendapat vonis sejak tahun 2019 silam. Namun pihak keluarga baru mengetahuinya beberapa hari terakhir.

“Tidak pernah ada kabar sebelumnya. Kami hanya dapat kabar kalau adik saya ditangkap polisi Hongkong karena menyimpan heroin di kamar kosnya,” ujar M (43 tahun), kakak YM, kepada sejumlah wartawan, kemarin.

M menjelaskan adiknya berangkat sebagai TKW ke Hongkong sejak tahun 2008 silam. tahun-tahun pertama, YM bekerja normal pada seorang majikan.

Namun belakangan YM dikabarkan keluar dari sang majikan lalu mencari pekerjaan lain. “Adik saya lalu kos dan bekerja juga secara nromal namun tanpa majikan,” ujar dia.

Sayangnya, tak berapa lama yakni pada tahun 2019, YM ditangkap polisi Hongkong atas dugaan keterlibatan ikut bisnis narkoba. Polisi setempat mendapati barang bukti berupa heroin di kamar kos YM.

Proses hukum berjalan sampai kemudian YM divonis 20 tahun penjara. Pihak KJRI Hongkong sendiri, kata M, sebenarnya sudah mengetahui nasib YM di penjara Hongkong namun tidak pernah mengabari pihak keluarga.

“Mengapa (KJRI) tidak pernah mengabari, padahal setiap saat mereka menjenguk adik saya. Ketika (KJRI) ditanya, alasannya kasus adik saya itu masalah kriminal, buka kasus ketenagakerjaan,” imbuh M.

Kini pihak keluarga memintas semua pihak, terutama pemerintah Indonesia, untuk memperjuangkan nasib YM. Apalagi beredar kabar, YM hanya korban. Ia dijebak oleh seseorang, sesama TKW di Hongkong.

“Kami hanya minta keadilan. Pemerintah kami minta segera turun tangan untuk memperjuangkan nasib adik kami. Sebab saya yakin adik kami tidak bersalah,” pungkas dia.(Alan Wr)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *