346 views

Mempercepat Daya Serap Anggaran, TNI AL Tandatangani Kontrak Bersama

Breaking News
lensapendidikan.com – jakarta
Dalam rangka mempercepat daya serap anggaran, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Tahun Anggaran 2022 melakukan penandatanganan kontrak bersama antara TNI AL dengan Mitra Penyedia Barang dan Jasa.
Kontrak Bersama yang dilakukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) TNI AL dan Mitra Penyedia Barang dan Jasa, disaksikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono serta para Asisten Kasal bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/1/2022).
Menurut Kasal,  kontrak bersama itu merupakan kegiatan rutin di awal tahun sebagai simbolisasi dimulainya proses pekerjaan fisik pada pengadaan barang dan jasa tahun anggaran berjalan.
Tentunya, lanjut Kasal, di dalam implementasinya, asas transparansi dan akuntabilitas menjadi hal yang sangat fundamental, sehingga penggunaan anggaran dari keuangan negara dapat dipertanggungjawabkan, para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) harus mengawal pelaksanaan kontrak dengan pengawasan dan pelaporan secara disiplin dan tepat waktu.  
Kasal mengatakan, tata kelola anggaran negara telah mengalami banyak kemajuan menuju tata kelola yang tertib dan akuntabel, dalam kerangka reformasi birokrasi sebagai bagian dari upaya membangun good government dan clean governance.
“Hal ini mutlak harus menjadi pemahaman dan kesadaran kita bersama, sehingga kita tidak lagi terjebak dengan praktek dan pola yang tidak sesuai dengan semangat perubahan,”  tegas Kasal.
Kegiatan penandatanganan kontrak kerja sama ini dilaksanakan secara serentak di lingkungan TNI Angkatan Laut, diikuti oleh 32 Satuan Kerja dengan jumlah kontrak sebanyak 173 kontrak yang telah melalui proses lelang. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021 tentang Pengadaan barang dan jasa pemerintah. 
Terkait dengan situasi pandemi, maka penandatanganan kontrak dilaksanakan secara langsung di auditorium Denma Mabesal diikuti oleh 14 satker yakni Disfaslanal, Dissenlekal, Dismatal, Disadal, Disbekal, Diskesal, Dislaikmatal, Diskomlekal, Dispamsanal, Denma Mabesal, Dislitbangal, Disinfolahtal, Dispenal dan Puskodal dengan jumlah kontrak sebanyak 74 kontrak. 
Ada 18 Satker di luar Mabesal pelaksanaan penandatanganan dilaksanakan secara virtual, di Satker masing-masing dengan jumlah kontrak sebanyak 99 kontrak.
Adapun kontrak kerja sama yang dijalin meliputi pengadaan dan pemeliharaan Alutsista serta pendukung Alutsista, pembangunan dan perbaikan sarana prasarana pangkalan, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta pemenuhan sarana penelitian dan pengembangan.
Pada kegiatan itu, dihadiri oleh Asrenum Panglima TNI Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, Asrena Kasau Marsekal Muda TNI  Purwoko Aji Prabowo, serta para pejabat Mabesal lainnya.

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *