333 views

Kemensos Tangani Dampak Banjir di Pekalongan

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Kementerian Sosial (Kemensos) membantu penanganan dampak bencana banjir dan tanah longsor di kawasan pegunungan bagian selatan Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, pihaknya mengupayakan penyediaan tambahan alat berat untuk membersihkan longsoran tanah, termasuk longsoran tanah yang menutupi bagian jalan Petungkriyono-Doro, Pekalongan.

Hal itu disampaikan Mensos Risma melalui keterangan tertulisnya, usai pertemuan dengan para pemangku kepentingan terkait di Pekalongan, Selasa (25/1/2022).

Satu unit alat berat lagi untuk mempercepat evakuasi material longsor. Dengan demikian diharapkan normalisasi akses jalan bisa berjalan lebih cepat,” kata Mensos Risma.

Aparat TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan bantuan dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah bekerja membersihkan material longsoran berupa batu, lumpur, dan kayu dari jalan yang terdampak tanah longsor di Kabupaten Pekalongan. 

Mensos Risma mengingatkan, pentingnya mengantisipasi kemungkinan kejadian bencana akibat fenomena cuaca ekstrem, yang akhir-akhir ini semakin sering terjadi.

Dengan cuaca ekstrem seperti saat ini, potensi terjadinya bencana sangat mungkin terjadi, terutama bencana alam tanah longsor dan banjir,” kata Risma.

Harus terus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, karena kalau bencana terjadi korbannya ya masyarakat,” ujar Mensos.

Menurut data BPBD, tanah longsor terjadi setidaknya di 10 titik di Kabupaten Pekalongan. 

Selain itu, Mensos menyerahkan bantuan berupa paket logistik bencana, paket sembako, dan perlengkapan kebersihan dengan nilai total Rp403.116.169 untuk mendukung penanganan dampak bencana di daerah itu.

Bantuan yang diserahkan antara lain berupa 210 paket makanan anak, 100 paket perlengkapan keluarga, 100 paket perlengkapan anak, 100 paket peralatan dapur, 50 tenda gulung, 100 kasur, 100 paket peralatan makan, dan 1.000 kg beras.

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *