129 views

Komnas KIPI: Efek Samping Vaksinasi Berbeda Setiap Orang

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Berbagai reaksi yang muncul pascavaksinasi COVID-19, merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan. Untuk itu, jika muncul Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (KIPI) itu adalah sesuatu yang wajar.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pascaimunisasi (Komnas KIPI), Hindra Irawan Satari, melalui keterangan resmi yang dikutip InfoPublik Rabu (26/1/2021).

“Yang harus diperhatikan adalah, derajat efek samping dari vaksinasi, sebab KIPI memiliki reaksi yang berbeda-beda pada setiap orang, ada yang bereaksi ringan hingga berat,” kata Hindra.

Lanjutnya, pada reaksi ringan, ia menyarankan agar sasaran segera beristirahat pascavaksinasi. Apabila muncul demam, dianjurkan segera minum obat sesuai dosis dan cukup minum air putih dan jika ada nyeri di tempat suntikan tetap gerakkan tangan dan kompres dengan air dingin.

Sementara itu, apabila terjadi demam setelah 48 jam penyuntikan vaksinasi, Hindra mengatakan untuk anak harus segera isolasi mandiri dan melakukan tes COVID-19.

Jika keluhan tidak berkurang, bisa menghubungi nomor kontak petugas kesehatan yang tertera di kartu vaksinasi atau fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat. Komnas KIPI juga telah menetapkan contact center yang bisa dihubungi jika ada keluhan dari penerima vaksinasi.

Dari fasyankes melaporkan ke Puskesmas, lalu dari Puskesmas maupun rumah sakit (RS) akan melaporkan ke Dinas Kesehata Kabupaten/Kota atau bisa melalui keamananvaksin.kemkes.go.id.

“Apabila memang terjadi efek samping serius atau KIPI, maka pasien akan menerima perawatan medis dan seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah,”(gilangNawawi)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *