Menko PMK Pacu Daerah Turunkan Angka Stunting

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Pemerintah terus mengupayakan pencapaian target penurunan stunting hingga 14 persen pada tahun 2024. Hal ini pun sesuai dengan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka peningkatan kualitas pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing.

Fokus penurunan tidak hanya pada daerah-daerah yang saat ini masih memiliki angka stunting tertinggi, namun pemerintah juga mendorong daerah-daerah lain bahkan hingga mencapai nol stunting.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat monitoring capaian stunting dan pemanfaatan dana desa di Desa Simo, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Rabu (26/1/2022).

Salah satu daerah yang dinilai telah berhasil dalam upaya menangani stunting adalah Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. Menko Muhadjir mengatakan bahwa Madiun hampir sesuai standar Presiden Jokowi.

“Saya terima kasih karena di sini (Kabupaten Madiun) stuntingnya sudah hampir sesuai standar Pak Jokowi di 2024. Tapi tidak kemudian itu boleh berhenti, diusahakan nol. Madiun ini harus punya semboyan nol stunting,” kata Menko Muhadjir.

Berdasarkan laporan, per-Agustus 2021, angka stunting di Madiun 14,9 persen atau menurun drastis dibandingkan tahun 2019 yaitu sebesar 24,94 persen.

Menko Muhadjir optimistis, apabila semakin banyak daerah atau kabupaten/kota yang berhasil turunkan angka stunting hingga di bawah 14 persen, maka secara agregat Indonesia akan mampu mencapai target penurunan stunting sesuai yang dicanangkan pada tahun 2024.

Sementara beberapa daerah yang diketahui masih memiliki angka stunting tertinggi, diantaranya Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

“Fokus ke daerah yang tinggi stunting bagus, tapi yang sudah berhasil ini harus dijadikan contoh. Saya optimis di 2024 untuk Madiun ini (angka stunting) bisa di bawah 2 digit (di bawah 10 persen), syukur-syukur nol”(gilangNawawi)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.