Delegasi GPDRR 2022 akan Diajak Field Visit ke GWK dan Uluwatu Bali

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Pura Luhur Uluwatu diusulkan sebagai field visit pada penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reducation (GPDRR) 2022 di Provinsi Bali pada 23-28 Mei 2022.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, menegaskan bahwa penyelenggaraan kunjungan lapangan atau field visit itu nantinya, akan menerapkan standar tinggi untuk kenyamanan dan keamanan, khususnya di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini.

Muhadjir, yang juga Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan GPDRR 2022 menyatakan, pemilihan Taman Budaya GWK sangat tepat mengingat tempat itu berdiri patung mahakarya paling monumental dalam sejarah seni Indonesia dewasa ini.

Setelah meninjau Taman Budaya GWK, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pura Luhur Uluwatu.

Pura itu dipilih panitia nasional, karena nilai budaya dan agama yang melekat pada tempat ibadah sejak ratusan tahun.

“Itu salah satu pusat ritual yang sudah berumur beratus-ratus tahun, yang sudah turun temurun dan dilestarikan oleh warga masyarakat sekitar. Ini akan menjadi salah satu pilihan yang akan ditawarkan kepada para peserta (GPDRR),” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis BNPB yang diterima InfoPublik, Sabtu (29/1/2022).

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto, menyatakan dalam penyelenggaraan kunjungan akan menekankan pada kenyamanan dan keamanan dalam menikmati keindahan Taman Budaya GWK.

“Para delegasi ini kita agendakan untuk berkunjung ke GWK agar bisa melihat hasil karya bangsa Indonesia yang luar biasa,” ujar Suharyanto yang juga sebagai Wakil Ketua I Panitia Nasional GPDRR.

Lebih lanjut, Suharyanto menjelaskan pihaknya akan melakukan pengkajian terhadap penerapan sistem bubble saat para delegasi atau peserta GPDRR saat berkunjung ke taman budaya tersebut.

Ia memastikan dalam pelaksanaanya protokol kesehatan tetap harus terjaga.

Panitia nasional pun tetap akan melakukan penilaian terkait penerapan keamanan, khususnya dalam pengendalian COVID-19.

Sistem bubble akan diterapkan saat kegiatan field visit para delegasi di tempat suci bagi umat Hindu tersebut.

“Nanti diatur sedemikian rupa supaya protokol kesehatan terjaga. Nanti akan kami rencanakan seperti sistem bubble, misalnya saat delegasi masuk pengunjung lain untuk sementara waktu ditahan dulu agar tidak bertemu dengan para delegasi yang memungkinkan terjadinya interaksi di luar bubble,” terang Suharyanto.

GPDRR atau Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana (GPDRR) adalah forum multi-pemangku kepentingan yang dilaksanakan setiap dua tahun oleh Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pertemuan ini dilakukan untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan dan tren terbaru dalam upaya pengurangan risiko bencana (PRB).

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pengurangan risiko bencana melalui komunikasi dan koordinasi antara para pemangku kepentingan seperti, pemerintah, PBB, organisasi dan institusi internasional, lembaga swadaya masyarakat, ilmuwan atau akademisi dan pelaku sektor swasta untuk berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka global PRB (SFDRR 2015-2030)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.