135 views

GPDRR 2022 di Bali Terapkan Sistem Bubble

Breaking News

lensapendidikan.com – Jakarta

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal Suharyanto, menyatakan sistem bubble diterapkan pada penyelenggaraan global platform for disaster risk eduction (GPDRR) 2022 pada Mei 2022 di Provinsi Bali.

“Bahwa untuk penyelengaraan pada GPDRR ini akan dilaksanakan dengan sistem bubble,” kata Suharyanto dalam konferensi pers usai rapat koordinasi (rakor) persiapan penyelenggaraan GPRR 2022 di Bali, Jumat (28/1/2022).

Acara ini akan dihadiri oleh ribuan peserta dari 193 negara. Format sistem pertemuan ada tiga pilihan skenario.

Pertama, adalah kegiatan akan dihadiri sekitar 4.000 orang melalui tatap muka dan sisanya daring. Kedua, pertemuan 2.000 peserta secara tatap muka dan sisanya online. Ketiga, pertemuan tatap muka sebanyak 1.000 peserta, dan sisanya daring.

Sistem bubble yang dimaksud adalah peserta yang tiba di Bandara Ngurah Rai Bali harus masuk ke dalam ‘bubble’ area dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sistem ini diterapkan bertujuan untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Bubble area adalah tempat tertutup yakni para peserta, delegasi dan pendukung lain yang telah terdaftar berada di tempat yang sama selama acara berlangsung.

“Ketika masuk ke Nusa Dua, hanya berhubungan antara mereka. Maksudnya para delegasi tidak berhubungan dengan masyarakat banyak di Bali,” terang dia.

GPDRR ke-7 yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) merupakan forum dua tahunan yang dihadiri para pemangku kepentingan dan penggiat kebencanaan, khususnya isu-isu pengurangan risiko bencana (PRB).

Kegiatan yang dibentuk oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ini bertujuan untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan dan mendiskusikan perkembangan, serta tren terbaru dalam PRB. 

GPDRR juga sebagai platform terbesar di dunia untuk penanggulangan bencana dalam upaya meningkatkan PRB di dunia dengan saling bekerja sama dan berkoordinasi.

Foto: Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto meninjau langsung Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *