Survei Kominfo Kinerja Komunikasi Publik Pemerintah 2021 Baik

Breaking News

lensapendidikan.com – Jakarta

Survei yang dilakukan Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dit TKKKP IKP Kominfo) menunjukkan bahwa kinerja Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) pada mayoritas unit di Kementerian atau Lembaga (K/L) dan Dinas Kominfo (Diskominfo) Provinsi pada 2021 berada pada tingkat “baik”.

Ketua Tim Studi Survei Kinerja PIKP Kominfo, Gati Gayatri, menjelaskan survei ini bertujuan memonitor dan mengevaluasi kinerja pengelolaan informasi dan komunikasi publik Unit K/L dan Diskominfo Provinsi dari waktu ke waktu, yang diikuti oleh 72 K/L, dengan 64 K/L yang memiliki data valid, 34 Diskominfo Provinsi, dan 1.600 responden berusia 15-64 tahun dengan teknik sampling multistage area random samplingproportionate to size.

“Pada masa pandemi beberapa Unit K/L dan Diskominfo Provinsi telah terjadi peningkatan skor, namun mayoritas mengalami penurunan skor,” ujar Ketua Tim Studi Survei Kinerja PIKP Kominfo dalam Seminar Indeks Pengelolaan dan Komunikasi Publik 2021 di Bogor, Provinsi Jawa Barat pada Senin (31/1/2022).

Seminar ini turut dihadiri Narasumber Peneliti Utama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitang) Kominfo, Gati Gayatri, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Politik dan Komunikasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan nasional (Bappenas), Wariki Sutikno, Direktur SUPD2 Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Ucup Hidayat, Praktisi Public Relation (PR) Maria Wongsonagoro, Praktisi PR Emilia Bassar, Akademisi Universitas Indonesia Irwansyah, dan Akademisi Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Dorien Kartikawangi.   

Lebih lanjut Gati menjelaskan, secara keseluruhan Indeks PIKP 2021 menurun dua poin jika dibandingkan dengan Indeks serupa yang dirilis Kominfo pada 2019.

Penurunan ini lebih disebabkan oleh adanya penyesuaian anggaran PIKP di K/L dan Pemerintah Provinsi, sehingga memengaruhi strategi komunikasi publik yang dilakukan.

“Rekomendasi kami adalah upaya pembinaan dalam rangka peningkatan kinerja PIKP pada Unit K/L dan Diskominfo Provinsi perlu segera dilakukan berdasarkan konsep Rencana Tindak dan target capaian yang jelas,” jelas Gati.

Menurut Gati, Indeks PIKP dapat digunakan sebagai bagian dari early warning system (sistem peringatan awal),termasuk untuk mempertanyakan pilihan pilihan kebijakan nasional dan daerah.

Indeks ini juga dinilai bisa menjadi acuan untuk mempertanyakan terjadinya kinerja komunikasi publik Diskominfo provinsi atau Unit K/L yang memiliki anggaran yang sama besarnya.

“Untuk itu perlu dilakukan analisis lebih mendalam tentang faktor-faktor penyebab penurunan dan peningkatan kinerja PIKP, sehingga dapat dipilih alternatif solusi masalah dan alternatif upaya pembinaan yang sesuai

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.