Cegah Pencemaran, RTP Parapat Simalungun Dilengkapi Sistem Pengolahan Air Limbah

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Penataan ruang terbuka publik (RTP) Pantai Bebas Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara (Sumut), baru saja selesai pada akhir 2021 lalu. RTP seluas kurang lebih 10.000 m2 itu cukup istimewa, karena bukan hanya dilengkapi berbagai wahana bermain dan sport, tapi juga infrastruktur sistem instalasi pengolah limbah (IPAL) guna mencegah pencemaran perairan di sekitar Danau Toba.

RTP itu dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak 21 Oktober 2020. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan biaya pembangunannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp84,6 miliar dengan kontraktor PT. Wika Gedung, yang meliputi penataan kawasan pantai bebas, penataan ruang terbuka publik Parapat, pembangunan gerbang DPSP arah Medan, dan pembangunan gerbang DPSP arah Silangit. 

“Di kawasan RTP Pantai Bebas Parapat dilengkapi dengan wahana bermain dan sport seperti, skateboard, joging area, spot selfie dengan paduan pemandangan Danau Toba,” kata Menteri Basuki melalui siaran pers yang diterima pada Rabu (2/2/2022). 

Kawasan Pantai Bebas Parapat, juga dilengkapi dengan infrastruktur sistem instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) Parapat untuk mencegah pencemaran perairan Danau Toba dari limbah domestik di kawasan. 

“Keduanya akan menjadi ikon baru dan merubah wajah Kawasan Parapat,” tambahnya. 

IPAL Parapat merupakan bagian dari jaringan pengolahan air limbah di kawasan DPSP Danau Toba yang dikerjakan sejak 2 September 2020 dan selesai akhir 2021 dengan anggaran sebesar Rp45,6 miliar. Jaringan IPAL Parapat dibangun mulai dari Jalan Sisingamangaraja, Terminal Sosorsaba dan Jalan Anggarajim kemudian masuk ke IPAL Pantai Bebas. 

Setelah itu IPAL diproses di bantaran area Sijambur Ajibata berdekatan dengan kolam fakultatif, maturasi dan bak pengering lumpur

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.