259 views

KMP Tirus Meranti Resmi Layani Lintasan Alai Insit-Pecah Buyung dan Dumai

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Batam resmi mengoperasikan KMP Tirus Meranti dalam pelayaran perdana yang melayani lintasan Alai Insit-Pecah Buyung dan Alai Insit-Dumai di Pelabuhan penyeberangan Alai Insit Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau pada Rabu (2/2/2022).

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pihaknya kembali mendapat kepercayaan untuk menghadirkan layanan angkutan penyeberangan prima bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau melalui hadirnya KMP Tirus Meranti. Ini merupakan amanah bagi ASDP dalam menghadirkan layanan transportasi bagi publik yang andal, aman, nyaman dan selamat.

“Kami mengapresiasi dukungan dan amanah yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang telah membangun kapal ini, dan mempercayakan kami untuk mengoperasikannya bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dan sekitarnya. Kami berharap, hadirnya KMP Tirus Meranti yang dioperasikan oleh ASDP tidak hanya memperlancar konektivitas antarpulau, tetapi juga memperkuat logistik serta mendongkrak perekonomian masyarakat setempat,” ujar Shelvy, Rabu (2/2/2022).

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat membangun KMP Tirus Meranti di galangan PT Multi Ocean Shipyard sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan, kapal ferry berukuran 300 GT. KMP Tirus Meranti memiliki spesifikasi panjang keseluruhan 39,38 meter, lebar 11 meter, tinggi 3,30 meter, kecepatan dinas 10 knot, muatan penumpang 180 orang, muatan kendaraan 21 unit sedan (MPV), 12 truk sedang, dan 7 unit truk besar.

Rabu (2/2) pagi ini menjadi pelayaran perdana KMP Tirus Meranti sebagai kapal subsidi Pemerintah yang melayani lintasan perintis dari Pelabuhan Alai Insit menuju Pelabuhan Pecah Buyung di Kabupaten Meranti, dan juga dari Pelabuhan Alai Insit menuju Pelabuhan Dumai.

ASDP berkomitmen terus memperkuat konektivitas penyeberangan perintis di Indonesia sebagai penghubung antarpulau dan memacu pengembangan wilayah serta memperkuat layanan logistik nasional.

Angkutan penyeberangan perintis menjadi salah satu moda transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat kepulauan, dan kehadiran ASDP sangat besar kemanfaatannya.

“Tentunya, ASDP sebagai agen pembangunan juga berharap dapat berkontribusi lebih maksimal lagi, memberikan layanan keperintisan yang andal dan memadai agar kehadiran kami benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *