306 views

Generasi Z dan Milenial Diajak Percepat Kemandirian Desa

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Generasi (Gen) Z dan Milenial diajak berpartisipasi aktif mempercepat kemandirian desa dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di daerah masing-masing.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, partisipasi Gen Z dan Milenial merupakan faktor penting yang menentukan arah pembangunan desa karena mendominasi struktur kependudukan di Tanah Air saat ini.

“Maka harapan saya adalah kader-kader IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) betul-betul bisa membersamai desa dalam upaya percepatan kemandirian desa. Sehingga keberadaan kader-kader IPPNU di desa betul-betul menjadi bagian penting dari proses pembangunan desa,” kata Mendes PDTT dalam keterangannya di laman resmi kemendesa.go.id pada Jumat (11/3/2022).

Menurut Menteri Abdul Halim, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), total penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z (kelahiran 1997-2012) sebesar 27,94 persen atau 74,93 juta jiwa; milenial (1981-1996) sebesar 25,87 persen atau 69,38 juta jiwa; dan generasi X (1965-1980) sebesar 21,87 persen atau 58,65 juta jiwa.

Bonus demografi atau surplus usia produktif tersebut dinilai ibarat dua sisi mata pisau,  yang apabila dikelola dengan tepat maka akan sangat bermanfaat untuk negara.

“Sebaliknya, jika salah urus maka bisa menjadi bumerang bagi bangsa,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Menteri Abdul Halim mengajak kader-kader IPPNU untuk terlibat lebih aktif dalam upaya percepatan kemandirian desa menyisipkan materi tentang pembangunan dan pemberdayaan desa dalam setiap kegiatan atau menjadi pegiat desa.

Dengan demikian, katanya, keberadaan kader-kader IPPNU di desa akan menjadi bagian penting dalam proses pembangunan desa.

“Kalau nyambung dan kemudian ada kiprah yang bagus, menjadi pegiat desa yang kompeten dan berpengalaman, pada saatnya nanti akan ada yang namanya beasiswa Rencana Pembelajaran Lampau bagi pegiat desa,”

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *