Menko PMK Targetkan Angka Stunting di Kabupaten Madiun di Bawah 5 Persen

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Pemerintah terus mengupayakan pencapaian target penurunan stunting hingga 14 persen di 2024. Salah satu daerah yang cukup berhasil menangani stunting adalah Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Berdasarkan laporan, angka stunting di Kabupaten Madiun telah mencapai 15,59 persen. Angka itu menurun dibandingkan 2019 yakni sebesar 24,94 persen.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, meminta pemerintah Kabupaten Madiun untuk menargetkan angka stunting turun menjadi di bawah lima persen di 2024.

Hal itu disampaikan Menko PMK dalam Dialog Penanganan Stunting bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Mejayan, di Pendopo Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Jumat (11/3/2022).

“Bukan berarti Madiun boleh hanya menargetkan sampai 14 persen pada tahun 2024. Tapi harus karena sekarang sudah 15,5 persen maka tahun 2024 sebaiknya Madiun harus di bawah lima persen untuk stunting,” kata Menko Muhadjir.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras semua pihak seperti Bupati, ibu penggerak PKK, pendamping, tim relawan, bidan, pendamping Program Keluarha Harapan (PKH), pendamping desa, semua bekerjq guyub rukun dengan aparat kepolisian, dan TNI untuk kerja keras turunkan stunting.

“Saya berterima kasih atas kerja keras semua pihak untuk mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Madiun dan merealisasi program sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021,” kata Menko Muhadjir.

Pada kesempatan itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami menyampaikan bahwa untuk mencapai target penurunan stunting butuh kerja bersama-sama banyak pihak.

“Kalau kita sendiri ndak bisa selesai. Kebersamaan yang bisa menyelesaikan. Pemerintah bersama seluruh elemen termasuk partisipatori masyarakat. Jadi masyarakat tidak boleh cuek dan ikut menanganai stunting,”

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.