UPT Kementan Raih Penghargaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik

Breaking News

lensapendidikan.com – jakarta

Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih penghargaan “Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik” lingkup Kementerian/Lembaga Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang mendapatkan raihan prestasi tersebut adalah Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang.

“Tentunya itu, menjadi suatu kebanggaan buat kami karena UPT Kementan telah meraih penghargaan pelayanan publik dengan kategori sangat baik. Hal itu tentunya menjadi motivasi buat kami semua untuk terus meningkatkan pelayanan prima buat masyarakat,” ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) pada keterangan pers yang diterima redaksi infopublik.id pada Jumat (11/3/2022).

Pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik itu, merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lokus evaluasi pelayanan publik meliputi Unit Pelayanan Publik (UPP) tingkat kementerian/lembaga sebanyak 84 UPP, tingkat provinsi sebanyak 34 UPP, dan tingkat kabupaten/kota sebanyak 514 UPP.

Penghargaan untuk BET Cipelang tersebut disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Tjahjo Kumolo, pada acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkup Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang disampaikan pada Selasa (8/3) kemarin secara online.

“Saya berharap penghargaan itu dapat menjadi motivasi bagi BET Cipelang beserta UPT-UPT lingkup Kementan lainnya agar senantiasa memberikan pelayanan yang prima dan profesional bagi masyarakat,” ujar SYL.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Nasrullah menyampaikan, pada 2021 BET Cipelang menjadi UPT dari Ditjen PKH mewakili Kementerian Pertanian menjadi lokus evaluasi Pelayanan Publik.

“Hasil evaluasi telah diumumkan oleh KemenPANRB secara online. Alhamdulillah Kementan telah meraih penghargaan pelayanan publik dengan kategori sangat baik,” ungkap Nasrullah.

Kepala BET Cipelang Oloan Parlindungan pun menyampaikan pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan pada Agustus 2021 sampai dengan November 2021.

Pandemi COVID-19 menjadikan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik dilaksanakan secara online. Sementara pengamatan langsung dilakukan pada saat desk evaluation.

Terdapat enam aspek yang menjadi poin penilaian yakni Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta Inovasi.

“Alhamdulillah kami sebagai wakil dari Kementan bisa meraih prestasi ini. Hal itu tentunya menjadi motovasi buat kami untuk lebih memberikan pelayanan prima dan terbaik bagi masyarakat,” imbuh Oloan.

Ia katakan, mencermati hasil evaluasi layanan publik, terdapat empat hal yang perlu diperbaiki yakni penguatan kapasitas Unit Pelayanan Publik (UPP) dalam integrasi data antar layanan, pendekatan not business as usual untuk membangun budaya bangga melayani bangsa, pembenahan arsitektur pelayanan publik yang lebih inklusif serta prioritas riset serta pengembangan inovasi untuk merumuskan kebijakan yang modern dan pembangunan sistem yang adaptif.

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.