Dinsos Indramayu Gercep Tangani Aduan Warga yang sakit

Sosial Kemasyarakatan

lensapendidika.com – Indramayu

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu langsung gerak cepat tanggapi aduan masyarakat terkait adanya warga yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan. Berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan Dokmaru setempat, Dinsos Indramayu mengunjungi salah seorang warga Kecamatan Kedokanbunder.

Dasih (65), seorang lansia yang beralamat di Blok Karang Poncol Desa Kaplongan Kecamatan Kedokanbunder dilaporkan mengalami sakit komplikasi.

Berdasarkan laporan ini, Dinsos Indramayu menggandeng pemerintah Kecamatan Kedokanbunder dan Tim Dokmaru setempat untuk mengunjungi kediaman Dasih pada Senin (18/4/2022).

Dari hasil kunjungan, didapati bahwa Dasih telah mengalami sakit kanker sekitar 3 tahun yang lalu dan sudah berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Sudah seminggu ini Dasih pulang dari RSHS, namun kondisinya mengalami penurunan.

Dasih yang berasal dari keluarga tidak mampu selama ini memang sudah memperoleh bantuan berupa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta pernah memperoleh bantuan kemiskinan ekstrim tahun 2021.

Kondisi Dasih yang menurun kini sudah ditangani oleh tim Dokmaru Puskesmas Kecamatan Kedokanbunder. Sementara itu, Dinsos Indramayu juga memberikan bantuan penguatan keluarga, dan juga memberikan bantuan berupa santunan dan sembako.

Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih melalui Sekretaris Dinsos Andi Rogayah menyatakan, pihaknya telah berkerjasama dengan pemerintah Kecamatan Kedokanbunder, tim Dokmaru setempat, Kepala Desa Kaplongan dan juga pendamping dari Kementerian untuk membantu Dasih.

“Alhamdulillah kita sudah berkolaborasi bersama stakeholder terkait untuk membantu Ibu Dasih.

Hasilnya adalah untuk penanganan sementara, Ibu Dasih akan dirujuk ke RSUD Indramayu untuk dirawat sambil menunggu pergantian selang makan yang dikhawatirkan terjadi infeksi. Selanjutnya ketika kondisi Ibu Dasih sudah stabil maka akan dirujuk ke RSHS Bandung untuk perawatan lanjutan.(Alan Wr)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.