Ibu Nina Agustina Melantik 201 Pejabat Pengkab Indramayu: Tingkatkan Kinerja, Integritas dan Loyalitas

Umum

lensapendidikan.com – INDRAMAYU

Bupati Indramayu, Nina Agustina melantik dan mengambil sumpah Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Proses pelantikan ini dilangsungkan di Pendopo Indramayu. Rabu, 25 Mei 2022.

Pelantikan pejabat ini berdasarkan Keputusan Bupati Indramayu Nomor : 821.2/Kep.162-BKPSDM/2022 Tanggal 25 Mei 2022, dimana sebanyak 201 pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Indramayu meliputi Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional resmi dilantik dan diambil sumpahnya. Dalam pelantikan ini, sejumlah pejabat mengalami rotasi dan ada pula yang memperoleh promosi.

Pejabat yang mengalami rotasi diantaranya Rusyad Nurdin yang semula Camat Sindang kini menjabat Camat Patrol, Ali Alamudin yang semula Camat Cantigi kini menjabat Camat Arahan, Winaryo yang semula Camat Gantar kini menjabat Camat Cantigi.

Kemudian, Suyitno yang semula Camat Karangampel kini menjabat Camat Sindang, Iim Nurahim yang semula Camat Kandanghaur kini menjabat Camat Jatibarang, Ali Sukma Jaya Mulyana yang semula Camat Jatibarang kini menjabat Camat Kertasemaya, Ade Sukma Wibowo yang semula Camat Kertasemaya kini menjabat Camat Karangampel.

Selanjutnya, Hatta Direja yang semula Camat Patrol kini menjabat Camat Kandanghaur, Opik Hidayat yang semula Camat Losarang kini menjabat Camat Balongan, Iing Kuswara yang semula Camat Balongan kini menjabat Kepala Bagian Perekonomian pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indramayu, Boy Billy Prima yang semula Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pelestarian Bahan Pustaka Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu kini menjabat Camat Losarang, Arya Tenggara yang semula Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca pada (DPA) Kabupaten Indramayu kini menjabat Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Indramayu.

Sementara itu pegawai yang memperoleh promosi jabatan diantaranya adalah Sukma Citra Pertiwi yang semula Analis Kebijakan Ahli Muda Pada Setda Kabupaten Indramayu kini menjabat Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian Dan Informasi Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Eti Herawati yang semula Guru Ahli Madya Sebagai Kepala UPTD SMP Negeri 1 Karangampel kini menjabat Kepala Bidang Pembinaan SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Indra Sulastri yang semula Kepala Sub Bidang Pelaporan pada Badan Keuangan Daerah memperoleh promosi menjadi Kepala Bidang Pelayanan Pendapatan pada Badan Keuangan Daerah.

Berikutnya ada Mukhammad Arif Pramana Iwa Putra yang semula Fungsional Umum pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Indramayu kini menjabat Lurah Paoman, Syamsul Maarif yang semula Fungsional Umum pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Indramayu kini menjabat Lurah Kepandean, Riska Dwi Febriani yang semula Fungsional Umum pada Inspektorat Indramayu kini menjabat Lurah Bojongsari.

Ada pula Erti yang semula Pengelola Pemanfaatan Barang Milik Daerah pada Kecamatan Haurgeulis kini menjabat Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Kecamatan Haurgeulis, Didi Permadi yang semula Penata Ruang Ahli Muda Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kini menjabat Kepala Seksi Pemanduan Moda dan Teknologi Perhubungan pada Dinas Perhubungan.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, rotasi dan promosi jabatan ini dalam rangka penataan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, sehingga nantinya roda organisasi pemerintahan semakin siap bergerak dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Kita harus memaknai kegiatan ini demi kepentingan organisasi, bukan hanya penempatan sosok pejabat pada jenjang jabatan tertentu,” katanya.

Disampaikan Bupati Nina Agustina, promosi dan rotasi adalah sesuatu hal yang biasa terjadi dan ini semua menjadi bagian dari pola pengembangan karir seorang pegawai.

Dalam hal ini promosi merupakan suatu penghargaan kepada pegawai yang dinilai baik dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab pekerjaan dengan didasari kapasitas, kompetensi dan integritas maupun loyalitas, moralitas, pangkat serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawabnya.

Sementara itu mutasi merupakan sebuah langkah penyegaran dan wahana aktualisasi diri bagi para pejabat dalam memperkaya pengalaman, melatih beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga sebagai sarana pembinaan karir.

Selain itu rotasi juga bertujuan memberikan kesempatan kepada pegawai untuk lebih berprestasi di jabatan baru. Dalam konteks ini para pejabat harus memaknai rotasi dan promosi ini sebagai suatu penugasan dan amanah.

Bupati Nina berpesan, agar pejabat yang baru dilantik untuk senantiasa menjaga serta meningkatkan integritas, loyalitas serta semangat dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan bekerjanya dalam rangka mewujudkan Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Mari kita bekerja cerdas, ikhlas dan tuntas dalam mensukseskan program-program pembangunan Indramayu lebih baik lagi dan tentunya Indramayu Bermartabat,” harapannya.

Utamanya bagi pejabat yang baru saja dilantik jangan memiliki perasaan negatif kepada kepala daerah, akan tetapi harus mendukung visi dan misi kepala daerah, sehingga harus tegak lurus untuk menyukseskan program pemerintah daerah.

Di samping itu rotasi mutasi ini dilakukan melalui hasil evaluasi dalam bekerja. Bupati Nina tidak hentinya mengajak bagi para pejabat yang dilantik ini untuk meningkatkan kembali kapasitasnya dalam bekerja dan loyalitas kepada kepala daerah.

“Saya ingin sekali lagi kepada ibu bapak sekalian kita ingin bersinergi lebih baik lagi, karena kalau dihitung saya sudah satu tahun lebih memimpin, pastinya sudah mengenal ritme kerja saya. Sekarang saya ingin mari bersama-sama lebih meningkatkan kembali kapasitasnya, dalam bekerjanya, dan loyalitasnya,” pungkasnya.(Alan wr)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.