249 views

Ketua Kelompok Tambak Arjuna Babagan Gemilang Dapatkan bantuan Dirjen kementrian dan Kelautan.

Breaking News

lensapendidikan.com – INDRAMAYU

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berakselerasi di tahun 2022 dengan menjalankan tiga program terobosan untuk membangun sektor kelautan dan perikanan Indonesia, dan dua program terobosan tersebut langsung berada di bawah Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB).

Keduanya adalah pengembangan budidaya berbasis pada ekspor dan pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu, seperti pada keterangannya di Jakarta Rabu (12/01/2022). Dikutip dari kkp.go.id

Menurutnya, untuk komoditas ekspor terdapat empat komoditas yang akan dikembangkan yakni udang Vaname, Udang lobster, rumput laut, dan kepiting.

Sementara, pembangunan kampung perikanan budidaya akan dikembangkan baik di wilayah pedalaman, pesisir, maupun laut yang berbasis kearifan lokal. “KKP siap melakukan akselerasi guna mempercepat terealisasinya program terobosan yang memang sudah dicanangkan,” imbuh Tebe, sapaan akrabnya.

Salah satunya Kelompok Pembudidaya Udang Vaname tradisonal (cara konvensional) di Indramayu yang datanya sudah terverefikasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2022 untuk realisasi bantuan berupa bibit udang vaname.

Ketua Suwanto Kelompok Tambak Arjuna Babagan Gemilang di Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui balai perikanan Budidaya Jepara yang sebelumnya sudah melakukan survey terlebih dahulu pada awal bulan april dan pengiriman benih bibit pada hari ini (05/ 30/2022)” ujarnya.

“Alhmdulilah saya mewakili kelompok menyampaikan ucapan terima kasih kepada lautku.id yang sudah mengusulkan program tersebut sampai kepada kami (Petambak udang), serta semua yang terlibat baik dari Dinas Perikanan Indramayu melalui PPL dan juga dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Drs. Dwi sulistinarto dan M. Agus Salim Atohiri, SH, serah terima langsung bibit udang vaname berupa benur sebanyak 122.000 ekor,” Sambungnya.

Serah terima bantuan dari Kementerian dan Kelautan berupa Benih Udang Vaname di berikan langsung ke kelompok tambak Arjuna Babagan Gemilang disaksikan oleh perwakilan dari Media Lautku.id dan Dinas perikanan dan kelautan melalui PPL Mutiara.

Turut hadir diantarnya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Indramayu Edi Umaedi, SP yang diwakili Penyuluh Perikanan dan Kelautan Kec. Balongan Mutiara Salsabiela, S.Pi., M.Si, Drs. Dwi sulistinarto dan M. Agus Salim Atohiri, SH. Dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Ketua dan Anggota kelompok Tambak Arjuna Babagan Gemilang.(Akan wr)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *