151 views

Patilasan Buyut Suta Jaya Baru Pertama Kali Unjungan di Hadiri Orang No Satu di Indramayu

Umum

Lensapendidikan.com – INDRAMAYU

Peninggalan nenek moyang terdahulu sebagai warisan leluhur dan menjadi suatu nilai histori masyrakat Indramayu serta sudah mendarah daging, jadi harus dilestarikan sebagai adat dan identitas daerah.

Unjungan Buyut Suta Jaya, Desa Pekandangan, Kabupaten Indramayu merupakan tradisi yang setiap tahunnya diperingati bagi masyarakat setempat. Kali ini keberadaan Bupati Indramayu, Nina Agustina yang menghadiri langsung kegiatan tersebut menjadi sejarah tersendiri.

Menurut masyarakat, kegiatan Ujungan Buyut Suta Jaya Pekandangan yang diperingati pada Rabu 10 Agustus 2022 baru pertama kali dihadiri seorang kepala daerah yakni Bupati Indramayu Nina Agustina yang dikenal sangat peduli terhadap nilai kesenian dan kebudayaan Kabupaten Indramayu.

“Baru pertama kali ini kegiatan Unjungan Buyut Suta Jaya dihadiri Bupati. Sebelumnya tidak pernah ada baik perempuan maupun laki-laki,” kata panitia Unjungan Buyut Suta Jaya.

Sejumlah masyarakat yang hadir dalam Unjungan Buyut Suta Jaya bukan hanya dari wilayah Pekandangan, Kecamatan Indramayu saja melainkan dari berbagai desa di Kota Mangga seperti Terisi, Manggungan dan Cikedung turut berbondong-bondong membawa tumpeng sebagai nilai kultur masyarakat dalam memperingati perjuangan dan nilai sisi baik nenek moyangnya dahulu.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, pemerintah daerah akan selalu mendukung segala kepentingan masyarakat salah satunya kegiatan Unjungan Buyut Suta Jaya dan diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga nilai warisan budaya ini hingga anak cucu.

Perhatian Bupati Nina Agustina dalam kesempatan itu diwujudkan dengan memberikan donasi untuk suksesnya kegiatan Unjungan Buyut Suta Jaya dan keperluan Mushola sebesar 5 juta. Dalam kesempatan itu juga disalurkan santunan anak yatim dan piatu.

“Kita menyumbang untuk pelaksanaan kegiatan ini dan kepentingan mushola sebesar 5 juta rupiah, semoga bermanfaat dan berkah. Termasuk untuk anak yatim dan piatu,” katanya.

Pada kesempatan ini juga Bupati Nina Agustina meminta camat untuk meninjau dan mencatat jalan yang rusak dan rencana pembangunan pagar Buyut Suta Jaya. Selain itu juga Bupati, mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan vaksin booster demi kesehatan dan terhindar dari paparan Covid-19.

“Saya meminta camat untuk mencatat jalan yang rusak dan pembangunan pagar, saya juga minta masyarakatnya yang belum vaksin booster cepat mengikuti supaya kesehatan kita terjamin semuanya dari wabah Covid-19,” harapannya. (Alan Wr)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *