159 views

Pemkot Lubuklinggau Hadiri HUT ke-62 UUPA

Umum

lensapendidikan.com – LUBUKLINGGAU

Pj. Sekda Kota Lubuklinggau, H Imam Senen menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) tahun 2022, bertempat di halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Lubuklinggau, Senin (26/9/2022).

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, diawali dengan upacara HUT ke-62 UUPA. Bertindak sebagai pemimpin upacara, Kepala ATR/BPN Kota Lubuklinggau, Kelik Budiono, diikuti seluruh staf BPN Kota Lubuklinggau dan BPN Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Kepala ART/ BPN Kota Lubuklinggau, Kelik Budiono dalam amanatnya menyampaikan Undang-Undang Pokok Agraria (secara resmi bernama Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria) adalah undang-undang yang mengatur tentang dasar-dasar dan ketentuan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agraria nasional di Indonesia.

Hal itu mencakup dasar-dasar dan ketentuan-ketentuan pokok, hak-hak atas tanah, air dan ruang angkasa serta pendaftaran tanah, ketentuan-ketentuan pidana dan ketentuan peralihan.

Di Negara Republik Indonesia, yang susunan kehidupan rakyatnya, termasuk perekonomiannya, terutama masih bercorak agraria, bumi, air dan ruang angkasa, sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa mempunyai fungsi amat penting untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur sebagaimana yang dicita-citakan.

Masih menurutnya, hukum Agraria yang berlaku saat ini merupakan salah satu alat penting untuk membangun masyarakat yang adil dan makmur.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah dalam wilayah kerja BPN Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Muratara.

Hadir juga Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar, Ketua DPRD, H Rodi Wijaya, Kepala BPN Kota Lubuklinggau sekaligus sebagai Plt. Kepala BPN Kabupaten Muratara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, H Trisko Defriyansa, Kepala Seksi (Kasi) Penetapan Hak dan Pendaftaran (PHP) BPN Muratara, Adam, Ketua Pengurus Daerah (Pengda) MLM Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Silvia Rosa. (*/jsh)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *