96 views

Gubenur Jabar Ridwan Kamil Minta Guru Jangan Hanya CCuma Ajarkan Ilmu

Breaking News Pemerintahan Pendidikan Dasar

lensapendidikan.com – Ciamis

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan Sarling (Siarang Keliling) ke SMA Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Rabu (26/10/2022). Di sekolah ini, Ridwan Kamil mendeklarasikan Sekolah Antihoaks dan Sekolah Toleransi.
Ridwan Kamil menyatakan deklarasi ini merupakan bagian dari upaya Jawa Barat menjaga Pancasila semaksimal mungkin. Apalagi Jabar merupakan provinsi pertama yang telah menjalankan kurikulum antiradikalisme dan terorisme.

“Kita provinsi pertama yang memiliki kurikulum antiradikalisme dan terorisme yang diwujudkan dengan kurikulum ketoleransian di sekolah-sekolah,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.
Menurutnya, deklarasi ini juga untuk mengurangi potensi permasalahan, termasuk bullying dengan cara menguatkan toleransi. Ia pun berpesan kepada para guru di Ciamis untuk turut mencegah bullying di sekolah. Sebab saat ini banyak di media yang viral mengenai cerita kasus bullying.

“Saya titipkan agar guru datang ke sekolah jangan hanya mengajari ilmu saja, tapi merangkul sebagai pengganti orang tua di sekolah,” katanya.

Setiap guru harus memantau anak-anak, baik saat istirahat maupun pulang sekolah. Hal itu untuk mencegah adanya potensi pembulian atau perundungan.

“Dengan begitu sekolah sebagai tempat yang dirindukan, tempat yang nyaman dan penuh dengan inovasi. Apalagi SMKN 1 Kawali ini sebagai juara seni ekspresi pada ulang tahun Jabar ke-77,” ungkapnya.

Sementara selain ke sekolah, Kang Emil juga memantau harga bahan pokok di Pasar Galuh Kawali. Menurutnya, harga terpantau masih normal meski ada beberapa harga komoditi yang naik cuma Rp 2.000.

“Cenderung masih terkendali. Bahkan ada beberapa komoditi yang turun. Di pasar Ciamis ini tadi sudah ada yang transaksinya pakai digital atau QRIS. Jangan semua pakai cash, suatu hari kita akan hidup dengan teknologi modal dari HP,” pungkasnya.(Gilang Nawawi)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *