102 views

Kemendikbudristek Kembali Gelar Kuliah Kerja Fest Pelajar Mahasiswa

Breaking News Pemerintahan Perguruan Tinggi

lensapendidikan.com – JAKARTA

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Kuliah-Kerja Fest! Ada empat agenda yang bisa diikuti oleh pelajar hingga mahasiswa.
Melansir akun media sosial Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek, Minggu (23/10/2022), Kuliah-Kerja Fest! 2022 merupakan forum kepemimpinan atas kolaborasi Tanoto Foundation, Bappenas, dan Kemendikbudristek.

Forum ini merupakan kelanjutan dari Kuliah-Kerja Fest! 2021 yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi untuk Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) bidang Pendidikan Tinggi.

Pada tahun ini, Kemendikbudristek menghadirkan sesi pertama untuk menilik sisi harapan jangka panjang generasi muda (Gen Z dan Gen Alpha) saat ini tentang pendidikan tinggi dalam aspek akses, relevansi, daya saing, dan tata kelola perguruan tinggi.

Kemudian, sesi selanjutnya turut mengundang pimpinan industri dan perwakilan pimpinan perguruan tinggi untuk saling berbagi praktik baik dan memberikan rekomendasi dari perspektif Dunia Usaha Dunia Industri.

Secara umum, ada empat agenda yang bisa diikuti oleh pelajar hingga mahasiswa dalam Kuliah-Kerja Fest! 2022 ini. Di antaranya survei Gen Z dan Gen Alpha, kompetisi menulis, kompetisi video pendek, dan diskusi puncak.

Berikut informasi selengkapnya.

1. Survei Gen Z dan Gen Alpha
Survei ini dapat diikuti oleh Warga Negara Indonesia usia pelajar dan mahasiswa aktif atau tidak aktif, serta usia pelajar dan mahasiswa dengan kebutuhan khusus.

Pengisian survei dapat dilakukan melalui tautan bit.ly/ikutKKF2022 hingga tanggal 25 Oktober 2022.

Ada apresiasi bagi peserta yang beruntung. Sebanyak 25 peserta akan mendapatkan voucher Gramedia/MAP sebesar Rp 100 ribu dan 10 orang dari seluruh peserta survei dan kompetisi akan mendapatkan subsidi biaya transportasi untuk mengikuti diskusi puncak di Kementerian PPN/ Bappenas pada 27 Oktober 2022.

2. Kompetisi Menulis
Peserta yang akan mengikuti kompetisi ini bisa menulis pemikiran dan harapan pendidikan tinggi Indonesia di masa depan dalam 350-400 kata. Pemikiran dapat berfokus ke salah satu dari empat topik kontribusi atau seluruhnya.

Batas akhir pengumpulan naskah sampai tanggal 25 Oktober 2022. Informasi selengkapnya dapat melihat tautan bit.ly/ikutKKF2022.

3. Kompetisi Video Pendek
Peserta kompetisi video pendek wajib membuat video 2-3 menit yang berisi pemikiran dan harapan pendidikan tinggi Indonesia di masa depan. Pemikiran boleh fokus pada salah satu topik kontribusi atau seluruhnya.

Peserta bisa mengunggah karya melalui media daring apapun sampai tanggal 25 Oktober 2022. Informasi selengkapnya dapat mengunjungi tautan bit.ly/ikutKKF2022.

Akan ada apresiasi untuk kedua jenis kompetisi tersebut khusus tiga peserta terbaik. Untuk kategori SMP akan mendapatkan voucher Rp 200 ribu, kategori SMA mendapatkan voucher Rp 300 ribu, dan kategori mahasiswa mendapatkan Rp 400 ribu.

Selain itu, 10 orang dari seluruh peserta survei dan kompetisi akan mendapatkan subsidi biaya transportasi untuk mengikuti diskusi puncak di Kementerian PPN/ Bappenas pada 27 Oktober 2022.

Diskusi puncak Kuliah-Kerja Fest! 2022 bisa diikuti oleh Warga Negara Indonesia usia pelajar dan mahasiswa. Diskusi akan digelar pada 27 Oktober 2022 pukul 08.30-11.30 secara online.

Peserta yang berminat mengikuti diskusi bisa melakukan pendaftaran melalui tautan bit.ly/ikutKKF2022. Jangan sampai ketinggalan ya,(Gilang Nawawi)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *