119 views

Forkomsam Bahas Peran Penting Forkopimda

Pemerintahan

lensapendidikan.com – LUBUKLINGGAU

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau mengikuti rapat koordinasi Forum Konsultasi Staf Ahli Menteri (Forkomsam) secara virtual di Command Center Lt. 4 Gedung Pemkot Lubuklinggau, Rabu (14/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut, dari Pemkot Lubuklinggau dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, AH Ritonga, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H Hendri Hermani dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Asron Erwadi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan RI itu membahas sejumlah isu strategis, arah kebijakan, indeks ketahanan nasional, konflik, perekonomian, persiapan Pemilu, pelayanan publik, transportasi, agenda pembangunan dan masih banyak lagi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar menjelaskan mengenai peran penting Forkopimda.

Sesuai dengan arahan Presiden pada 13 November 2019 Forkopimda memiliki peran sangat penting dan strategis dalam membangun pola hubungan yang harmonis antar unsur pimpinan di daerah guna mendukung pelaksanaan program kebijakan prioritas pemerintah, pembangunan nasional, menjamin iklim investasi yang kondusif , memelihara stabilitas politik dan keamanan daerah serta sinergitas hubungan pusat dan daerah.

“Optimalkan Forkopimda untuk mendukung pelaksanaan urusan pemerintahan umum dan isu yang berkembang di daerah sebagaimana diamanatkan oleh UU Nomor: 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Sementara UU Nomor: 23 Tahun 2014 Forkopimda merupakan forum yang digunakan untuk membahas penyelenggaraan urusan pemerintahan umum yang bertugas melakukan koordinasi, fasilitasi, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan umum. Sedangkan hubungan kerja bersifat koordinatif dan fungsional untuk sinergitas, pelaksanaan pengambilan keputusan diwilayah masing-masing wajib dipimpinKetua Forkopimda,” paparnya.(*/)

Share and Enjoy !

Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *