Bupati Pesisir Barat H.Agus Istiqlal Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023

lensapendidikan.com – Jakarta

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H.Agus Istiqlal.SH.MH. menghadiri Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas), penanggulangan bencana tahun 2023 yang terselenggara di JiExpo Kemayaoran Jakarta Kamis (2/3/23).

Kegiatan di bukalangsung oleh Presiden RI Joko Widodo di dampingi Menteri Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Polhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Suharyanto, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sebelum membuka Rakornas Presiden RI dalam sambutannya menyampaikan “Di tengah perubahan suhu dan tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari dan iklim atau atau pola cuaca jangka panjang di seluruh penjuru dunia berpotensi meningkatkan frekuensi bencana”.

“Frekuensi bencana di negara kita naik 81 persen, dari 1.945 bencana di tahun 2010 menjadi 3.544 bencana di tahun 2022, yang meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam lainnya. Maka dari itu siaga, waspada adalah kunci, baik tahap prabencana, pada tahap tanggap darurat, maupun pascabencana”. ungkap Presiden

Lebih lanjut Presiden menambahkan tiga tahapan bencana atau sistem yang perlu di perhatikan di antarnya, Peringatan dini, Edukasi, Tata ruang dan Konstruksi.

Notulen atau catatan resmi rapat kordinasi nasional penaggulangan bencana adalah Penguatan kolaborasi dan sinergitas lembaga penangulangan bencana dari level pusat hingga ke daerah. Identifikasi hambatan, tantangan, dan evaluasi capaian program penagulangan bencana. Internalisasi dan penyelarasan rencana program penangulangan bencan Nasional-Provinsi-Kabupaten/ Kota dan antar daerah tahun 2023-2024. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *