Pemkab dan Polres Musi Rawas Respons Cepat Bencana Banjir yang Merendam Sejumlah Wilayah di Kabupaten Musi Rawas.

Lensapendididkan.com – Musirawas

Sejumlah desa di Kabupaten Musi Rawas terendam banjir, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas merespons cepat dengan mengirimkan tim bantuan penanggulangan banjir di Kecamatan BTS Ulu Cecar dan Muara Kelingi.

Setidaknya ratusan rumah dan sejumlah fasilitas desa terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi dalam kurun waktu beberapa hari sehingga menyebabkan luapan Sungai Musi masuk ke pemukiman warga. Ketinggian air bervariatif antara 50-150 cm hingga Sabtu (11/3/2023).

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama pihak kecamatan setempat langsung mendirikan Posko Penanganan Banjir di Kantor Kecamatan Muara Kelingi dan Posko Kesehatan di Puskesmas Muara Kelingi, serta menyiagakan Tim Respons Cepat (TRC) untuk tindakan selanjutnya.

Bagi masyarakat yang tinggal dekat dengan Sungai Musi, BPBD telah membantu evakuasi sebagian warga ke tempat yang lebih tinggi, sementara masyarakat yang memiliki konstruksi rumah panggung tetap bertahan di rumah masing-masing hingga banjir surut.

Sampai hari ini (12/3), sejumlah bantuan lain juga telah disalurkan kepada warga terdampak banjir, di antaranya kebutuhan sembako, obat-obatan, dan air bersih. (**wm**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *