2000 PAKET SEMBAKO TERSALURKAN DARI DANREM 044/GARUDA DEMPO BRIGJEND TNI M.NAUDI NURDIKA UNTUK KORBAN BANJIR DI MUSIRAWAS

lensapendidikan.com – Mura

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH mendampingi, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, menyambut kedatangan, Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, melakukan peninjauan lokasi banjir dan menyalurkan bantuan 2.000 paket sembako.

Lokasi yang dilakukan peninjauan dan penyaluran sembako secara simbolis di Desa Prabumulih I, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, Rabu (15/3/2023).

Nampak hadir juga, Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakpahan, Kasat Narkoba, AKP Herman Junaidi, Kasat Reskrim, AKP Muhammad Indra Prameswara, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono, Kasat Samapta, AKP Heri Huroirah serta Kapolsek Muara Lakitan, Iptu Muhammad Abdul Karim.

Selain itu juga, nampak hadir, Pj Sekda Mura, H Aidil Rusman, Asisten I Setda Mura, Ali Sadikin, Kadis PU Bina Marga, Alawiyah, Plt Kadis PU Cipta Karya, Tata Ruang dan Pengairan, Oktaviano, Kadis Kominfo Statistik, Adi Irawan, Kadinsos, Agus Susanto, Plt Kadinkes, Drg Maya Kesuma Putri serta para OPD terkait.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Musi Rawas, AKBP Danu Agus Purnomo mengatakan bahwa, sengaja mendampingi, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, menyambut kedatangan, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, melakukan peninjauan lokasi banjir.

“Selain itu, menyalurkan bantuan sembako secara simbolis di Desa Prabumulih I, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Mura,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, selain itu Polres Musi Rawas bersama Dandim 0406/Lubuklinggau sama-sama melakukan kegiatan patroli, menggunakan sarana yang dimiliki untuk mengecek lokasi-lokasi banjir.

“Karena kami pahami, ada beberapa masyarakat yang meninggalkan rumahnya untuk mengungsi, sehingga itu perlu kami jaga,” tuturnya.

Senada disampaikan, Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud mengatakan, di Kecamatan Muara Lakitan ada sekitar 4.840 KK dan 16.794 jiwa yang terdampak banjir.

“Itu berada di sembilan desa. Untuk di Prabumulih 1, ketinggian air ada yang mencapai 2 meter,” kata Bupati.

Dikatakan, sesuai saran dari Danrem, sejak hari pertama banjir Dinas Kesehatan sudah diintruksikan untuk turun melihat kondisi langsung masyarakat.

“Syukur Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban jiwa akibat banjir ini,” ucap Bupati.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Danrem, Kodim dan juga Polres serta Forkompinda lainnya yang sudah bersama-sama membantu menangani bencana banjir di Kabupaten Mura.

Sementara itu, Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika, mengatakan bahwa hari ini untuk memantau kondisi banjir dan menyalurkan bantuan 2.000 paket sembako untuk korban banjir di Kabupaten Mura, dan secara simbolis dilakukan di Desa Prabumulih I, Kecamatan Muara Lakitan.

“Selain melihat, saya juga ingin memberikan saran apa yang harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas,” katanya.

Menurutnya, pertama tindakan yang harus dilakukan yakni, bagaimana dampak dari kejadian ini dapat diminimalisir, khususnya kejadian pasca banjir. Kemudian kedua menyarankan adanya posko kesehatan dan harus diaktifkan. Karena biasanya saat banjir, banyak masyarakat yang terserang berbagai jenis penyakit.

“Itu Dinas Kesehatan harus turun, pelayanan kesehatan harus mobile bisa menggunakan boat atau perahu, agar masyarakat yang masih bertahan di rumah bisa dijangkau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” tutupnya.
(**wm**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *