WAKO LUBUKLINGGAU BUKA SELEKSI O2SN SD dan SMP se-KOTA LUBUKLINGGAU 2023

lensapendidikan.com – Lubuklinggau

H SN Prana Putra Sohe memimpin upacara pembukaan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD dan SMP se-Kota Lubuklinggau yang dipusatkan di SMP Negeri 4 Lubuklinggau, Kamis (20/7/2023).

Nanan sapaan akrab wali kota- dalam sambutannya mengatakan patut disyukuri kegiatan seperti ini kembali dapat dilaksanakan karena sudah tiga tahun Kota Lubuklinggau tidak bisa menyelenggarakan berbagai event dikarenakan Covid-19.

Dirinya berharap agenda seperti ini harus sering dilaksanakan sebagai upaya mencari bibit-bibit atlet berbakat dan memiliki kemampuan.

“Dulu sekitar tahun 1984, saya pernah menjuarai turnamen sepak bola. Saat itu saya masih diduk dibangku SMP Negeri 1,” kenangnya.

Dari pantauanya, di Kota Lubuklinggau sudah lama tidak diadakan lomba atau turnamen beregu. Oleh karena itu, dia berharap kepada dinas pendidikan dapat mengadakan lomba beregu seperti sepak bola dan lain sebagainya.

Pemkot Lubuklinggau sambungnya sudah membangun fasilitas umum agar masyarakat gemar berolahraga serta menyelenggarakan event-event olahraga sehingga muncul bibit-bibit olahraga di Kota Lubuklinggau.

“Dulu kita hanya menjadi penonton, sekarang atlet Lubuklinggau dapat berbicara banyak di kancah provinsi seperti dilakukan atlet sepeda asal Kota Lubuklinggau yang mendapat juara umum tingkat provinsi,” ungkapnya.

walikota mengingatkan jangan memanfaatkan atlet dari luar daerah untuk mendapatkan gelar juara. “Manfaatkanlah atlet yang berasal dari Kota Lubuklinggau karena kita memiliki potensi atlet terbaik,” ujar nanan

ditambah nya“Selamat bertanding kepada peserta dan ingat selalu junjung sportifitas, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan atlet-atlet unggul dan terbaik asal Kota Lubuklinggau. Kepada guru, saya titipkan para murid agar dapat dibentuk menjadi bibit unggul dalam dunia olahraga,” harap nya

Sementara dalam laporannya, Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau, H Dian Chandera menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan” O2SN adalah menyiapkan bibit unggul khususnya dalam bidang olahraga dari kalangan SD serta SMP, dan mewujudkan peningkatan mutu pendidikan di sekolah dalam rangka menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap olahraga.serta pembinaan prestasi. Selain itu, sebagai sarana kreatifitas dalam mengembangkan bakat atau talenta.” ungkap nya

O2SN ini terbagi dua kelompok. Kelompok pertama adalah siswa-siswi SD/MI negeri/swasta se-Kota Lubuklinggau dengan jumlah peserta 144 orang. Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi atletik, renang, senam, pencak silat, karate dan bulu tangkis.

Sedangkan kelompok kedua, O2SN tingkat SMP/MTs negeri/swasta yang diikuti 109 peserta dengan cabang olahraga terdiri dari renang, karate, bulu tangkis, pencak silat dan atletik

Jumlah keseluruhannya 253 orang ditambah koordinator cabor sebanyak 11 orang dan pendamping cabor 11 orang jenjang SD dan SMP.

Metode seleksi peserta O2SN kata Dian, mendaftarkan diri melalui akun registrasi online Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan sinkronisasi melalui akun website pusat prestasi nasional (PUSPRESNAS) paling lambat 31 Mei 2023.

Bagi peserta yang telah diregistrasi wajid mengikuti seleksi gugus dan tingkat kecamatan kemudian baru diikutsertakan pada seleksi tingkat kota.

Pelaksanaan seleksi dilakukan di beberapa tempat diantaranya di Kolam Renang Tirta Bukit Sulap, Taman Olahraga Silampari, aula SD Xaverius Lubuklinggau, aula SD Negeri 12 Lubuklinggau, aula SMP Negeri 9 Lubuklinggau dan Gedung PB. Kelapa Mas Lubuklinggau.

turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, AH Ritonga dan Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kahlan Bahar.(WIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *