BUPATI AGUS ISTIQLAL SERAHKAN HADIAH LOMBA INOVASI DAERAH TAHUN 2023.

lensapendidikan.com – PESISIR BARAT KRUI

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kabupaten Pesisir Barat Suryadi, S.IP., M.M., menginformasikan bahwa, Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri acara penganugerahan juara Lomba Inovasi Daerah Tahun 2023, di Loby Lantai 1 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Rabu, (29/11/2023).

Ikut hadir juga dalam kegiatan tersebut Plt. Sekda Pesibar, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar, Septi Istiqlal,narasumber/juri Lomba Inovasi Daerah, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Pesibar, dan para pemenang lomba.

Bupati Agus Istiqlal mengatakan bahwa esensi dari pembangunan daerah adalah mengubah kondisi masyarakat menuju kondisi yang lebih baik, dan pembangunan suatu daerah umumnya dilakukan dengan perencanaan yang sudah terdokumentasi dalam dokumen rencana pembangunan, yang secara periodik sudah dicantumkan tentang apa, siapa, bagaimana dan kapan targetnya akan dicapai.

“Namun dalam perkembangan global, khususnya dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) saat ini kemampuan dalam mencapai target tersebut dapat dilakukan dengan percepatan pembangunan, atau yang sering disebut sebagai terobosan atau inovasi,” kata Bupati Agus Istiqlal.

Untuk diketahui, lanjut Bupati Agus Istiqlal, Pemkab Pesibar hingga kini terus berupaya melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam melakukan percepatan pembangunan, demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Serta untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain di Provinsi Lampung. Mengingat, Pesibar merupakan kabupaten termuda di Provinsi Lampung,” ungkap Bupati Agus Istiqlal.

Lebih lanjut diterangkan Bupati Agus Istiqlal, dalam hal inovasi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mendorong pemerintah daerah untuk melakukan inovasi dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, antara lain dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi daerah.

Masih kata Bupati Agus Istiqlal, keberhasilan pemerintah daerah dalam melakukan inovasi pembangunan di daerahnya juga sangat diapresiasi oleh pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah melalui ajang Innovation Government Award (IGA) yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kemendagri, yang merupakan implementasi dari Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 tentang penilaian dan pemberian penghargaan dan/atau insentif daerah. “Mengingat pentingnya inovasi dalam percepatan pembangunan dan peningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya di Pesibar, maka Pemkab Pesibar melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), menggelar Lomba Inovasi Daerah Tahun 2023 sebagai upaya menumbuhkan iklim/budaya berinovasi, baik dikalangan pemerintah, pelajar, maupun masyarakat,” tandasnya.

“Melalui Lomba Inovasi Daerah diharapkan dapat melahirkan inovator-inovator yang mampu mendorong peningkatan kinerja perangkat daerah dan meningkatkan kesejahteraan serta daya saing daerah,” tukasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pembagian hadiah terhadap para pemenang lomba oleh Bupati Agus Istiqlal.

Berikut daftar pemenang Lomba Inovasi Daerah dari beberapa kategori.

1. Kategori OPD/ASN

Juara I, diraih Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Murliana, S.Sos., M.Sc.

Juara II, diraih oleh Kepala SMPN Satu Atap (Satap) 4 Krui, Dimas Setyo Kukuh Permono, S.Pd.

Juara III, diraih oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Siti Yunani, S.ST.

Juara Harapan I, diraih oleh Dinas Sosial (Dinsos), Rena Novasari, S.H., M.M.

Juara Harapan II, diraih oleh Kecamatan Pesisir Tengah, Tri Heri Purwanto, S.H.

Juara Harapan III, Dinas Kesehatan (Dinkes), Irhamuddin, S.KM., M.M.

2. Kategori Umum

Juara I, diraih oleh Arofan

Juara II, diraih oleh Amalia Sabilla Mukhtar – Vera Mustika

Juara III, diraih oleh I Gede Sudiana

Juara Harapan I, diraih oleh Sara Mariska Putri

Juara Harapan II, diraih oleh Kelompok Tani (Poktan) Hutan Apicalis, Janjianto.

Juara Harapan III, diraih oleh Muhammad Subhi.

3. Kategori Pelajar

Juara I, diraih oleh Desvia Meiyani dan Kiki Amelia, SMPN Satu Atap (Satap) 4 Krui.

Juara II, diraih oleh Zahira Putri Erizona, Salsabila Aini, dan Varisha Daania Alethea, SMPN 2 Krui.

Juara III, diraih oleh Syiva Dwi Haryanti, Fatimah Az-Zahra, dan Ridwan Saputra, SMKN 1 Krui

Juara Harapan I, diraih oleh Salwa Naqiya dan Firsha Aprilia Sumarta, SMPN 2 Krui

Juara Harapan II, diraih oleh Echa Dea Ramanda, Derti Tri Maryana, dan Atika Febiyansa, SMPN 10 Krui

Juara Harapan III, diraih oleh Eli Safitri, Juwita, dan Amita, SMPN 10 Krui.
Ini hasil Juara perlombaan,sehingga kedepanya dapat Memberikan motifasi bagi yang belum berhasil untuk kedepanya.(Roy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *