Panwaslucam Sliyeg Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

Lensapendidikan.com – Indramayu

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Sliyeg melakukan rapat dalam kantor guna mempersiapkan langkah pengawasan terhadap masa kampanye yang akan dilaksanakan oleh partai politik peserta kontestasi pemilu pada tahun 2024.

Rapat yang diselenggarakan di Kantor Panwaslucam Sliyeg, Kamis (30/11/2023), dihadiri oleh dua komisioner Panwaslucam Sliyeg dan diikuti oleh 14 Pengawas Kelurahan Desa (PKD).

Ketua Panwaslucam Sliyeg, Edah Sugiarti, melalui ketua Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Aris Awaludin, dalam konferensi persnya menjelaskan bahwa pihaknya telah mengumpulkan 14 anggota PKD.

Pengumpulan mereka guna mempersiapkan pengawasan terhadap masa kampanye yang berlangsung mulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 mendatang.

“Aktivitas persiapan khusus telah kami lakukan sebelumnya, melalui bimbingan dan rapat kerja teknis kepada para PKD,” ungkap Aris.

Lebih lanjut, Aris menyatakan bahwa mereka juga telah memberikan simulasi penyelesaian sengketa antara peserta Pemilu dan menyediakan alat kerja yang diperlukan bagi pengawas.

“Keberadaan kami sangat penting karena masa kampanye ini sangat sensitif, di mana konflik kepentingan di antara peserta dapat timbul kapan saja,” tambahnya.

Aris berharap agar partai politik yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024 dapat menjaga nama baik masing-masing partai. Dia juga mengajak masyarakat Kecamatan Sliyeg untuk secara aktif turut serta dalam proses pengawasan.

“Masyarakat diimbau untuk melaporkan kepada kami jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh peserta kampanye, disertai dengan bukti otentik,” ujarnya.

Menurut Aris, Panwaslucam Sliyeg siap menerima laporan pelanggaran kampanye dalam waktu 24 jam, karena mereka telah menjadwalkan rotasi anggota untuk selalu siaga di kantor sekretariat.

“Hingga saat ini, kami bersyukur belum menerima laporan mengenai dugaan pelanggaran kampanye. Semoga hingga akhir masa kampanye, tidak ada pelanggaran yang terjadi,” tutupnya*KANO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *