Pelaksanaan MTQ Ke-53 dan FSQ ke-38 Tingkat Kabupaten Labuhanbatu di Buka Plt Bupati

lensapendidikan.com – Labuhanbatu

Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM. membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran ke 53 dan Festival Seni Qasidah ke 38 Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2024 di Lapangan Bola Ikalia, Labuhan Bilik, Kecamatan Panai Tengah, Senin Malam (29/04/2024).

Mengawali sambutannya, Plt. Bupati Labuhanbatu mengucapkan Minal aidin wal faizin dan memohon maaf lahir dan batin kepada semua masyarakat Labuhanbatu terkhusus kepada masyarakat di kecamatan panai Tengah. Ia mengatakan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Hadis ke-53 dan festival seni Qasidah ke-38 tingkat Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024 ini adalah upaya untuk membina Ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Kabupaten Labuhanbatu dan juga sebagai penyemangat sebagai kita warga negara untuk semakin mencintai bangsa dan negara.

Selain itu momentum pelaksanaan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun ini hendaknya bisa dijadikan sebagai sarana peningkatan iman dan taqwa, serta menjadi ikhtiar bagi kita dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan melalui nilai-nilai keagamaan demi mewujudkan masyarakat Labuhanbatu yang lebih baik sesuai dengan tema “Mari kita bumikan Alquran dan Seni Qasidah di Bumi Labuhanbatu idaman.”

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kita semua stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat yang telah ikut menyukseskan perhelatan pemilihan Presiden dan Legislatif tahun 2024 di Kabupaten Labuhanbatu sehingga dapat berjalan dengan lancar dan aman tanpa terjadinya satu gangguan yang berarti. Mudah-mudahan ini dapat terus kita jaga dan kita tingkatkan dalam menyongsong pemilihan kepala daerah Gubernur Bupati Walikota serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2024 nanti.

Plt. Bupati berpesan agar masarakat terus menjaga kekompakan, Jangan mudah provokasi oleh berita-berita hoax, ujaran kebencian, maupun politik identitas berikan yang terbaik untuk Kabupaten Labuhanbatu yang dicintai .

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara dan semua pihak yang telah berkontribusi atas pelaksanaannya kegiatan ini kepada para peserta Selamat bertanding, dan kepada dewan Hakim dan dewan juri Bekerjalah sebaik-baiknya,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj. Meika Riyanti Siregar, SH. Mengatakan bahwa kegiatan MTQ merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan instansi terkait.

Pelaksanaan MTQ tidak sekedar sebuah lomba membacase, menghafal, atau mengkaji isi Alquran. MTQ adalah sebuah cara untuk memperkuat keberadaan dan ajaran yang ada di dalam Alquran untuk diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan MTQ ini sebagai salah satu sarana untuk menguatkan upaya generasi muda kita tidak hanya secara lahiriyah tetapi juga batiniah dalam meminimalisir perbuatan yang merusak aqidah akal dan pikiran,” jelasnya.

Camat Panai Tengah Amran, S.Pd., MM. menjelaskan bahwa ada sepuluh cabang perlombaan pada MTQ yaitu; Cabang Tilawah dan Tartil Anak-Anak, Cabang Tilawah remaja, Cabang Qiraat As Sabaah Dewasa dan Remaja, Cabang Qiraaat As Sabaah Mujawwad Remaja, Cabang Tahfiz 1, 10, 20, dan 30 Juz, Cabang Musabaqah Al Hadits, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syahril Quran, Cabang Kaligrafi Naskah, Mushaf, Dekorasi dan Kontemporer, Cabang Karya Tulis Ilmiah. Dengan Jumlah peserta 408 orang.

Sedangkan cabang yang akan diperlombakan di FSQ adalah ; Seni Qasidah, Pop Religi Golongan Anak-anak, remaja, dan dewasa, dan Bintang Vokalis golongan anak-anak, remaja dan dewasa. Dengan jumlah peserta FSQ sebanyak 306 orang.

Kegiatan MTQ dan FSQ ini akan berlangsung dari tanggal 29 April sampai tanggal 03 Mei 2024 di Kecamatan Panai Tengah. Usai dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Labuhanbatu, kegiatan dilanjutkan dengan Penampila Tarian Kolosal dan Hiburan.

Turut hadir pada Pembukaan MTQ dan FSQ Kabupaten Labuhanbatu ini, Kapolres Labuhanbatu, Dandim 0209 Labuhanbatu, Perwakilan Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu, Ketua Pengadilan Negeri Rantauprapat, Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Ketua MUI Labuhanbatu, Plt. Ketua TP PKK Labuhanbatu, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Labuhanbatu, para Asisten, para Camat, Para Kepala OPD, para kabag di Kabupaten Labuhanbatu, Ketua Harian LPTSQ, Ketua Harian LASQI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Dewan Juri, Peserta MTQ dan FSQ, Insan pers, dan masyarakat Labuhanbatu. (Aji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *