Sehat dan Bugar dengan Makanan Sehat, RU VI gelar Kompetisi Memasak Berbahan Ikan

lensapendidikan.com – Indramayu

Guna menerapkan gaya hidup sehat yang bersumber dari asupan makanan yang sehat, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan melalui bagian Health menggelar kompetisi memasak berbahan dasar ikan, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra ini cukup membuat heboh peserta dan penonton karena menghadirkan sang juara Master Chef Indonesia Session 10, Giovanni Vergio, sebagai dewan juri.

Acara Health Cooking Competition ini diikuti 6 (enam) tim yang tampil maksimal dengan membuat berbagai menu masakan dari ikan. Seperti dengan menu masakan Pindang Kakap, Pepes Ikan Kembung, Burger Ikan Kembung, Kakap Kuah Khas Rembang, hingga Salad Salmon.

Sesuai tema yang diangkat, seluruh bahan masakan yang sajikan pun sesuai dengan gizi seimbang yang dianjurkan, selain terdiri atas ikan sebagai bahan utama, makanan yang dibuat juga berisi sayuran, rendah lemak dan minyak, hingga rendah pemakaian garam maupun gula sehingga tercipta makanan yang sehat.

Manager Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT KPI RU VI Balongan, dr. Nur Muhammad Marheliansyah menyampaikan, lomba makanan sehat ini dilaksanakan dengan harapan agar seluruh pekerja dan keluarga bisa membiasakan memakan masakan yang sehat sehingga dapat meningkatkan kebugaran, sekaligus menurunkan risiko-risiko penyakit yang bisa ditimbulkan akibat makanan sembarang dan cenderung tidak sehat.

“Ya tentunya bukan hanya pekerja, anak-anak pekerja dengan rajin mengkonsumsi ikan juga bisa meningkatkan kecerdasan dan mencegah stunting”, ujar dr. Nur.

Diharapkan, selain untuk kesehatan, melalui konsumsi makanan sehat yang berkolerasi terhadap penigkatan kebugaran ini juga bisa berdampak pada peningkatan produktivitas pekerja Kilang Balongan dalam mengawal kehandalan Kilang Pertamina Balongan.

Giovanni Vergio, selain hadir sebagai juri, juga banyak memberikan masukan kepada peserta dan penonton agar tujuan memasak makanan sehat dari Ikan ini benar-benar terjaga gizinya sehingga bermanfaat untuk tubuh.

Tampil sebagai Juara 1 pada kompetisi memasak ini dari Fungsi Keuangan dengan masakan Burger Ikan Kembung, Juara 2 dari fungsi OPI dengan menu masakan Pindang Ikan Kakap, dan Juara 3 dari bagian POC dengan menu masakan Pepes Ikan Kembung.*kano

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *