Kapolres Lubuklinggau AKBP Indra Arya Yudha buka Penyuluhan Pencegahan Bahaya TBC

lensapendidikan.com Polres Lubuklinggau – Sumsel. Menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78, Sidokkes Polres Lubuk Linggau, Polda Sumatera Selatan, mengadakan kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Penyuluhan Kesehatan mengenai Gejala TBC dan Pencegahannya. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bhayangkara Polres Lubuk Linggau pada Rabu (12/6/24).

 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolres Lubuk Linggau, AKBP Indra Arya Yudha. Acara ini diikuti oleh seluruh pejabat utama (PJU), personel, ASN Polres Lubuk Linggau, serta tamu undangan lainnya dari Dishub Lubuk Linggau, Jasa Rahaja, Duta Lalu Lintas, beberapa perwakilan instruktur olahraga, pengemudi angkutan umum, dan pelajar.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Lubuk Linggau, AKBP Indra Arya Yudha, menyampaikan pentingnya pelatihan dan penyuluhan kesehatan sebagai upaya peningkatan kapasitas dan pengetahuan personel serta masyarakat umum. “Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ini sangat penting untuk memberikan keterampilan dasar dalam menyelamatkan nyawa. Penyuluhan tentang TBC juga krusial mengingat tingginya angka kasus di masyarakat,” ujarnya.

 

Acara dikemas dengan pemberian sertifikat Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada narasumber dan perwakilan peserta pelatihan yang diberikan secara simbolis oleh Kapolres Lubuk Linggau. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pengisian materi BHD, praktik, simulasi dari peserta pelatihan, dan sesi tanya jawab.

 

Materi pelatihan BHD mencakup teknik-teknik dasar untuk memberikan pertolongan pertama pada korban henti jantung atau henti napas. Para peserta diajarkan cara melakukan kompresi dada, ventilasi buatan, dan penggunaan Automated External Defibrillator (AED).

 

Sementara itu, penyuluhan kesehatan mengenai gejala TBC dan pencegahannya disampaikan oleh tenaga medis dari Sidokkes Polres Lubuk Linggau. Peserta diberikan pengetahuan tentang bagaimana mengenali gejala awal TBC, cara penularannya, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit tersebut.

 

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat serta personel Polres Lubuk Linggau dalam memberikan pertolongan pertama dan mencegah penyakit menular seperti TBC.(lmn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *